Yes ! Mendagri Bantu Pecalang 5 Juta, Jaya Negara : Masih Kaji

Denpasar – “Sebenarnya secara kajian ada edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) agar Walikota bantu pecalang 5 juta berupa gelontoran,” terang Wakil Walikota (Wawali) Denpasar IGN Jaya Negara.

Keadaan ini disampaikannya langsung ketika diwawancarai wartawan setelah kegiatan penyerahan bantuan di Sekretariat PDI Perjuangan Denpasar, Senin (1/6) yang dikutip dari media online.

Jaya Negara menyebutkan sebanyak 10 pecalang di masing-masing banjar diusulkan menerima insentif. Namun Wawali beralasan dikarenakan dana hibah tidak boleh diberikan berturut-berturut, maka pihaknya memutuskan mengambil alternatif lain. Dimana, direncanakan untuk insentif ini akan menggunakan dana APBD Kota Denpasar.

“Kajian yang selanjutnya, pecalang kami akan kasi insentif apa dihitung konsumsi, atau honor tergantung berapa kali bertugas. Kalau misalnya bisa cash kan sudah diberikan, tapi kan terbentur mekanisme,” terangnya.

Sementara, Ketua Pecalang Bali atau Manggala Agung Pasikian Pecalang Bali, I Made Mudra mengaku terharu. Jika benar Mendagri sampai mengeluarkan surat edaran pihaknya berharap agar dana tersebut segera bisa dicairkan.

“Kami Pecalang berterima kasi. Saya pribadi sangat terharu, selama 3 bulan kita siang dan malam ‘ngayah’ ternyata pusat tidak saja beri apresiasi namun juga lakukan empati,” ucap Mudra.

Jika begitu, ini adalah bukti reward pujian presiden Jokowi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Tentunya, surat edaran Mendagri berlaku di seluruh Bali, mengingat Pecalang adalah milik semua Desa Adat se-Bali. Selain itu, sumber APBD juga dari hibah pusat berupa DAK atau DAU termasuk dana desa Rp 1,4 miliar.

Video

Comment