Video Ketahanan Pangan Polres Majalengka Berbuah Manis

MAJALENGKA – Program Budidaya Lele dan Kangkung dalam ember di seluruh Polsek jajaran Polres Majalengka Polda Jawa Barat berbuah manis.

Kegiatan ketahanan pangan yang digagas Kapolres Majalengka AKBP Dr. Bismo Teguh Prakoso di tengah pandemi Covid-19 itu akhirnya memberi manfaat.

Bacaan Lainnya

Menjelang penerapan New Normal atau tananan baru, Kapolres Majalengka bersama Muspika dan tokoh masyarakat setempat melaksanakan panen ikan lele dan sayuran kangkung di Mako Polsek Kadipaten, Senin (8/6/2020).

“Alhamdulillah, upaya yang kami rintis selama ini tidak sia-sia,” terang Kapolres Majalengka AKBP Dr. Bismo Teguh Prakoso.

Menurutnya, dampak pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap hasil pertanian dan perikanan di Kabupaten Majalengka. “Sehingga kami menempuh langkah antisipasi dengan menciptakan lahan baru,” paparnya.

Polres Majalengka lantas membuat program rutin, memanfaatkan lahan kosong di sekitar Polres hingga Polsek Jajaran untuk budidaya lele dan sayuran kangkung dengan sistem hidroponik.

“Dengan demikian, kekhawatiran akan ketahanan pangan saat penerapan New Normal tidak akan terjadi, itu yang kami harapkan,” urai Dr. Bismo.

Lulusan Terbaik Akpol 2001 ini menambahkan, hasil budidaya ikan lele dan sayuran kangkung tidak saja untuk kebutuhan anggota Polsek Jajaran atau Polres Majalengka. Lebih dari itu, hasil budidaya tersebut turut dinikmati masyarakat sekitar.

“Hasil panen ikan lele dan sayuran kangkung ini juga kita bagikan kepada masyarakat, khususnya yang terdampak Covid-19,” terangnya.

Akibat pandemi ini, sambung Dr. Bismo, banyak masyarakat yang kehidupannya terdampak karena tidak bisa bekerja dan kehilangan penghasilan. Sehingga menjadi tugas polisi sebagai pengayom masyarakat untuk bisa berkontribusi membantu sesama yang membutuhkan.

Sementara itu budidaya ikan lele dan sayuran kangkung yang dipanen adalah hasil kerja keras para anggotanya.

“Ini menjadi bukti bahwa anggota polisi juga memiliki kemampuan bertani dan beternak ikan, sehingga bisa menjadi salah satu potensi dalam mendukung program ketahanan pangan,” pungkasnya.

Berikut video Panen Budidaya Ikan Lele dan sayur Kangkung Polres Majalengka

Pos terkait

loading...