Rabu, 21 Oktober 2020 - 09:19 WIB

Sumber : kompas

Sumber : kompas

Masih Layakkah iPhone 7 Plus Jadi Pilihan? Cari Jawabannya Disini

Belum lama ini, Apple kembali mengumumkan kabar produk terbarunya yang akan dirilis pada November 2020 nanti, yakni iPhone 12 series. Sebagai smartphone terbaru dari Apple, tentu iPhone 12 series nantinya akan dijual dengan harga yang terbilang masih mahal, yakni sekitar Rp 10 jutaan hingga Rp 16 jutaan, tergantung varian dan kapasitas memori yang akan Anda pilih. Meski kini produk iPhone sudah mencapai seri yang ke-12, bukan berarti perangkat iPhone sebelumnya sudah jadul dan tidak layak jadi pilihan. Sebaliknya, Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk membeli smartphone iPhone seri sebelumnya yang sudah mulai turun harga. Salah satu perangkat iPhone yang bisa Anda jadikan pilihan yakni iPhone 7 Plus.

Pada awal perilisannya di akhir tahun 2016 lalu, smartphone ini begitu menarik perhatian dan membuatnya laku di pasaran. Terlebih, saat itu iPhone 7 Plus masuk dalam jajaran smartphone yang sangat canggih dan menawarkan aneka kelebihan dibandingkan dengan merk smartphone lainnya. Lantas, apakah smartphone ini masih layak Anda jadikan pilihan di tahun 2020 ini? Jawabannya iya. Pasalnya, iOS yang disematkan pada iPhone 7 Plus masih bisa Anda update hingga iOS yang terbaru di tahun ini, yakni iOS 14. Menarik, bukan?

Terlepas dari update iOS tersebut, spesifikasi lainnya yang dimiliki iPhone 7 Plus masih bisa bersaing dengan smartphone terbaru di tahun ini. Tidak percaya? Untuk lebih meyakinkan Anda, yuk simak spesifikasi lengkap yang dimiliki iPhone 7 Plus berikut ini.

Desain

Layaknya perangkat Apple pada umumnya, iPhone 7 Plus ini juga hadir dengan desain yang tampak premium dan elegan. Bahkan, jika dibandingkan dengan seri iPhone sebelumnya, perangkat ini memiliki kesan yang lebih berkelas. Pilihan casing dan warnanya pun lebih beragam. Tersedia enam varian warna iPhone 7 Plus yang bisa Anda jadikan pilihan, yakni Red, Rose Gold, Black, Jet Black, Silver, dan Gold.

Diantara banyaknya pilihan warna tersebut, warna Jet Black menjadi yang paling menarik perhatian. Berbeda dengan warna hitam biasa, warna ini tampak lebih glossy dan memberikan efek mengkilap jika dilihat dari kejauhan. Pilihan warna Jet Black ini juga baru dikenalkan pertama kali pada iPhone 7 Plus. Di mana seri sebelumnya belum terdapat pilihan warna satu ini. Tidak heran, jika banyak pengguna yang antusias dengan opsi warna Jet Black.

Beralih pada ukuran dan bodinya, iPhone 7 Plus menawarkan bodi yang tampak begitu ramping. Bobotnya pun hanya mencapai 188 gram, yang terbilang cukup ringan. Dengan bodi yang ringan dan ramping, iPhone 7 Plus akan sangat terasa sangat nyaman dalam genggaman. Menggunakannya sepanjang hari tentu akan membuat Anda merasa nyaman.

Layar

Layar smartphone ini hadir dengan teknologi Retina IPS LCD yang lebih baik dibandingkan dengan seri iPhone sebelumnya. Kualitasnya yang lebih unggul ini membuat layar iPhone 7 Plus tampak lebih jernih dan nyaman dipandang mata. Bahkan, layar smartphone ini dikabarkan mampu memfilter cahaya yang masuk ke mata dengan lebih baik. Hal ini juga semakin ditunjang berkat 16 juga pilihan warna yang bisa ditampilkan pada layar iPhone 7 Plus.

Ukuran layarnya yang mencapai 5.5 inci hadir dengan resolusi 1080 x 1920 pixels. Untuk membuat layarnya bisa tetap awet dan tahan lama, Apple telah menyematkan sebuah pelindung layar yang tahan terhadap goresan. Smartphone ini juga telah mengantongi sertifikat IP67 yang membuatnya memiliki ketahanan yang baik terhadap debu dan juga air.

iPhone 7 Plus ini bisa bertahan selama kurang lebih 30 menit pada air dengan kedalaman 1 meter. Dengan kata lain, Anda tak perlu khawatir smartphone rusak saat sengaja atau tidak sengaja terkena hujan. Kemampuan bertahannya yang baik terhadap air juga membuat Anda bisa memotret foto selfie saat berada di air terjun atau bahkan kolam renang.

Prosesor

Smartphone ini dilengkapi dengan dukungan sistem operasi iOS 10 yang bisa Anda upgrade hingga iOS 14. Chipset yang disematkan pun merupakan chipset terbaru pada masanya, yakni Apple A10 Fusion. Dibandingkan dengan iPhone 6 series yang dirilis sebelumnya, iPhone 7 Plus ini memiliki kecepatan yang jauh lebih baik, bahkan peningkatannya mencapai dua kali lipat, lho. Hal ini juga berlaku pada kartu grafis yang disematkan.

Di mana GPU PowerVR Series7XT memiliki kecepatan tiga kali lebih baik dari seri sebelumnya. Kartu grafis tersebut juga mampu menampilkan kualitas visual yang unggul. Bahkan, Anda bisa memainkan game dengan visual HD pada aplikasi yang berat sekalipun. Pengalaman bermain game pada perangkat ini juga terbilang sangat menyenangkan dan tak ada hambatan yang berarti.

Selain unggul perihal kecepatannya, prosesor iPhone 7 Plus juga memiliki kemampuan yang baik dalam menghemat baterai, lho. Di mana daya baterai perangkat ini akan jauh lebih awet dan tahan lama. Kemampuannya yang baik dalam menghemat baterai juga akan semakin menunjang pengalaman bermain game Anda.

Kapasitas Memori

iPhone 7 Plus hadir dengan tiga varian yang bisa Anda jadi pilihan. Ketiganya didukung dengan kapasitas RAM yang sama, yakni 3 GB. Kapasitas RAM ini terbilang cukup handal dan masih layak digunakan saat ini. Bahkan, melakukan aktivitas multitasking juga akan terasa nyaman menggunakan iPhone 7 Plus, lho.

Untuk kapasitas memori internalnya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Anda bisa memilih iPhone 7 Plus dengan kapasitas ROM 32 GB, 128 GB, hingga 256 GB. Kapasitas memori internal ini bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan berbagai macam jenis file. Mulai dari lagu, foto, video, film, dokumen, dan masih banyak lagi.

Namun, smartphone ini masih tidak dilengkapi dengan slot memori eksternal di dalamnya, ya. Sehingga Anda perlu mempertimbangkan dengan baik, berapa kapasitas memori internal yang pas dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Bagi Anda yang memang suka menyimpan file berukuran besar, seperti video hingga film, akan lebih baik jika Anda membeli iPhone 7 Plus dengan kapasitas 128 GB atau 256 GB.

Kamera Belakang

Saat diperhatikan, kamera yang terdapat pada iPhone 7 Plus ini tampak istimewa dan lebih mewah. Hal itu dikarenakan adanya lapisan Kristal Saphire yang disematkan oleh pihak Apple. Kamera belakangnya hadir dengan konsep dual camera, di mana keduanya hadir dengan resolusi yang sama, yakni 12 MP. Kamera utamanya merupakan lensa wide yang mampu menangkap gambar dengan lebih lebar.

Sedangkan kamera kedua merupakan lensa telephoto yang bisa dimanfaatkan untuk memotret objek dengan jarak jauh jauh. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur 2x optical zoom yang akan membuat jepretan foto Anda tampak lebih jernih.  Fitur lainnya yang juga disematkan pada kamera belakang yakni Quad-LED, dual-tone flash, HDR, dan masih banyak lagi.

Tak hanya unggul saat digunakan untuk memotret saja, Anda yang suka mengabadikan momen dalam bentuk video juga akan dimanjakan dengan perangkat Apple ini. Bagaimana tidak, iPhone 7 Plus memungkinkan Anda untuk merekam video dengan kualitas 720p hingga 4K. Membuat konten vlog atau sekedar merekam video untuk instastory akan menghasilkan gambar yang berkualitas.

Kamera Depan

Beralih pada kamera depan, iPhone 7 Plus hadir dengan satu buah lensa standard dengan resolusi 7 MP. Resolusi yang terbilang cukup besar untuk menghasilkan foto selfie dengan kualitas yang bagus. Perihal fiturnya, kamera depan ini dilengkapi dengan fitur HDR dan face detection. Untuk perekaman videonya, Anda bisa merekam video dengan resolusi hingga 1080 pada 30 fps menggunakan kamera depan.

Fitur Canggih

Terlepas dari spesifikasi canggih yang telah disebutkan di atas, Apple masih menyematkan banyak fitur canggih lainnya pada iPhone 7 Plus ini. Salah satunya yakni fitur Raise to Wake, fitur satu ini memungkinkan layar smartphone akan langsung menyala secara otomatis setiap kali diangkat. Bahkan, fitur ini bisa tetap aktif sekalipun perangkat dalam kondisi terkunci, lho. Fitur Raise to Wake ini akan semakin memudahkan aktivitas Anda.

Ada lagi fitur unggulan yang bisa Anda temukan pada perangkat ini, yakni fitur 3D Touch. Fitur ini memungkinkan Anda mengoperasikan beberapa aplikasi secara langsung, sekalipun layar dalam kondisi terkunci. Beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan diantaranya seperti WhatsApp hingga Line. Di mana Anda bisa langsung membalas pesan masuk pada aplikasi tersebut tanpa perlu membuka layar kunci. Simpel, bukan?

Dukungan Internet

Dukungan jaringan internet yang dimiliki smartphone ini juga terbilang cukup kencang. Anda bisa berselancar di media sosial dengan dukungan jaringan 4G LTE. Meski kini sudah mulai bermunculan smartphone baru dengan dukungan 5G, namun jaringan 4G yang lebih luas masih tetap populer dan layak jadi pilihan Anda. 

Dengan dukungan internet 4G ini, Anda bisa melakukan proses pengunduhan file dengan kecepatan hingga 150 Mbps. Meski sudah mendapatkan dukungan jaringan internet 4G LTE, pengguna nantinya juga masih bisa mengoperasikan internet pada jaringan GSM 2G hingga HSDPA 3G. Hal ini membuat akses internet terasa lebih mudah dan fleksibel.

Harga iPhone 7 Plus

Saat pertama kali dikenalkan di Indonesia, Anda bisa mendapatkan iPhone 7 Plus dengan harga Rp 13 jutaan untuk varian terendah 32 GB serta Rp 17 jutaan untuk varian yang tertinggi. Namun saat ini, harga iPhone 7 Plus tentu tidak akan semahal itu. Harga iPhone 7 Plus saat ini bisa dikatakan terjangkau untuk sebuah perangkat Apple. Di mana Anda bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp 4 hingga 5 jutaan saja. Jauh lebih murah, bukan? Harga tersebut berlaku untuk perangkat baru, sedangkan Anda yang membelinya secara bekas bisa mendapatkan harga yang lebih murah lagi.

Harga yang Anda dapatkan balik lagi akan sesuai dengan kapasitas memori yang dipilih. Untuk varian yang termahal dengan ROM 256 GB, iPhone 7 Plus kini bisa Anda beli dengan harga Rp 8 jutaan saja. Selain tersedia di toko-toko offline, Anda pun bisa membeli perangkat ini secara online di e-commerce ternama. Membelinya secara online bisa jadi solusi bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu luang untuk belanja ke luar rumah. Namun ingat, pastikan Anda memilih seller terpercaya agar tidak mengalami tindak penipuan, ya!

Artikel ini telah dibaca 134 kali

loading...
Baca Lainnya

Daftar Gaming Laptop Incaran Harga Miring di Blibli Histeria

Hobi main game harus dipenuhi dengan gaming laptop. Pakai laptop biasa saja pun sebenarnya kamu...

8 November 2020, 08:29 WIB

3 Hero Hyper Carry Yang Sedang Populer Saat Ini!

Jika anda adalah penggemar berat atau pemain Mobile Legends yang aktif, tentu anda akan sangat...

28 September 2020, 02:27 WIB

Begini Cara Download PUBG Pada Perangkat PC

Pada dasarnya, game PUBG memang pertama kali hadir di PC yang kemudian populer setelah hadir...

30 Agustus 2020, 04:04 WIB

Beberapa Situs Yang Bisa Untuk Top Up Free Fire

Memang melakukan top up free fire dan lainnya game sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi para...

2 Agustus 2020, 15:00 WIB

Cara download film di netflix

Mendownload seri atau film dari Netflix sehingga kalian dapat menontonnya di ponsel atau tablet tanpa...

8 Juni 2020, 04:47 WIB

4 HP Android Terbaik

Semua orang tentunya ingin memiliki hp android terbaik. Karena selain bisa mendukung gengsi seseorang, hp...

29 Mei 2020, 02:33 WIB

loading...