Presiden Jokowi Disegani Dunia

  • Whatsapp

Presiden Jokowi Disegani Dunia

Oleh : Abdul Kadir

Presiden Jokowi sangat disegani oleh para pemimpin dunia di KTT G20. Dalam forum internasional tersebut beliau dihormati dan menerima tugas sebagai presidensi yang membuktikan kharisma Presiden Jokowi juga bersinar sampai luar negeri.

Jika ada yang bertanya, siapakah presiden Indonesia yang paling dicintai rakyatnya? Maka jawabannya pasti Presiden Jokowi. Beliau adalah pemimpin yang paling dielu-elukan masyarakat, karena memang terbukti paling merakyat dan suka blusukan.

Bahkan aura kepemimpinan beliau juga berkilau, dan disegani oleh banyak pemimpin negara lain di forum internasional.
Presiden Jokowi tengah menghadiri KTT G20 di Roma, Italia, tanggal 30-31 oktober 2021. Pertemuan ini sangat penting karena membahas dalam forum perdagangan ekonomi internasional, dan hanya ada 20 peserta. Yakni 19 negara dan 1 lembaga uni eropa. Pertemuan ini sangat bergengsi karena anggotanya hanya negara dengan perekonomian besar di dunia.
Dalam Forum G20, Indonesia menjadi presidensi, yakni pihak yang bertanggung jawab penuh atas penyelenggaraan seluruh rangkaian kegiatan Presidensi G20 setahun ke depan. Hal ini menjadi bukti bahwa Indonesia memiliki nama di dunia internasional, karena dipercaya untuk menjadi presidensi. Pasalnya, tidak semua negara bisa memiliki kesempatan emas ini, sehingga menjadi sebuah kehormatan besar.
Dengan menjadi presidensi maka menjadi salah satu bukti bahwa Presiden Jokowi disegani oleh para pemimpin dunia. Beliau dianggap cakap sehingga mampu memikul tanggung jawab besar selama setahun ke depan. Posisi Indonesia mentereng, karena memiliki presiden yang berkharisma dan memilki visi dan misi hingga jauh ke masa depan.
Dulu memang posisi Indonesia sempat diremehkan, apalagi saat krisis moneter tahun 1998, di mana harus mencari cara agar selamat dari kepailitan. Akan tetapi saat ini berbalik 180 derajat, ketika negeri kita sangat dihormati dan dianggap punya perekonomian yang kuat. Penyebabnya karena saat pandemi sekalipun, kita bisa menanganinya dengan baik, terutama untuk mengatasi dampak di bidang finansial.
Dengan menjadi anggota G20 pun sebenarnya Indonesia juga memiliki posisi penting, karena dianggap memiliki perekonomian yang kuat. Meski masih berstatus negara kelas menengah, tetapi kita tetap berusaha agar bangkit di tengah pandemi. Perekonomian tidak boleh hancur gara-gara corona, dan akhirnya tetap kuat, dan kita menjadi anggota tetap G20. Semua ini berkat kerja keras Presiden Jokowi.
Presiden Jokowi mendatangi forum G20, dan ini pertama kalinya beliau menghadiri acara internasional di luar negeri, di masa pandemi. Beliau menyadari pentingnya forum itu, sehingga tak ragu untuk memenuhi undangan, serta tidak takut corona. Penyebabnya karena sudah mematuhi protokol kesehatan 10M dan yakin bahwa forum G20 amat berguna bagi masa depan Indonesia.
Bukan kali ini saja Presiden Jokowi mendapatkan pujian. Pada tahun 2020, Presiden Amerika Serikat (saat itu) Donald Trump memuji kecakapan presiden kita. Saat Menko Manives Luhut B Pandjaitan beraudensi dengan beliau, maka Amerika Serikat dengan senang hati akan berinvestasi di Indonesia. Penyebabnya karena di negeri kita birokrasinya sudah tertata dan perizinannya dipermudah.
Berbagai pujian baik dari presiden lain maupun forum internasional membuktikan kecakapan Presiden Jokowi, dan kita tidak salah memilih beliau hingga 2 periode. Presiden Jokowi benar-benar menjaga amanat rakyat untuk memajukan Indonesia, salah satunya dengan menghadiri forum G20.
Kepercayaan yang diberikan kepada Indonesia untuk menjadi presidensi di G20 adalah hasil dari kerja keras Presiden Jokowi. Beliau menerapkan berbagai strategi agar perekonomian Indonesia tetap stabil. Selain itu, jabatan presidensi adalah bukti bahwa beliau disegani oleh para pemimpin dunia.
)* Penulis adalah kontributor Lingkar Pers dan Mahasiswa Cikini

Pos terkait

loading...