Jakarta – Legenda sepak bola Jerman, Franz Beckenbauer dikabarkan meninggal dunia pada Minggu (7/1/2024). Beckenbauer dikabarkan meninggal dunia di usia 78 tahun yang diumumkan langsung oleh pihak keluarga.

Pihak keluarga menyampaikan bahwa Franz Beckenbauer meninggal dunia di rumahnya. Namun tidak dijelaskan dengan rinci apa penyebab kematiannya dan kerabat sebelumnya menyampaikan kepada media bahwa kesehatan Beckenbauer memburuk.

Mengutip BBC Sports pada Senin (8/1/2024), Franz Beckenbauer meninggal dunia dengan tenang dalam tidurnya. Sang legenda sepak bola tersebut juga dikelilingi oleh pihak keluarganya.

“Dengan kesedihan yang mendalam, kami mengumumkan, suami dan ayah kami, Franz Beckenbauer, meninggal dunia dengan damai dalam tidurnya, kemarin Minggu (7 Januari 2024), dikelilingi keluarganya,” tutur pihak keluarga.

Sosok Franz Beckenbauer dikenal sebagai sosok legenda dalam dunia sepak bola. Ia bahkan masih dikenal sebagai seorang sweeper atau libero terbaik sepanjang masa.

Diketahui Beckenbauer berhasil meraih 17 trofi di level klub serta dua gelar juara dengan Timnas Jerman Barat. Adapun dalam penghargaan individunya Franz meraih trofi pemain terbaik Jerman sebanyak empat kali dan dua kali dalam ajang bergengsi Ballon d’Or.

Rasa cintanya dalam dunia sepak bola juga ia buktikan dengan melanjutkan perjalanannya sebagai pelatih. Franz Beckenbauer berhasil membawa Jerman meraih juara Piala Dunia dengan mengalahkan Argentina di tahun 1990.

Beckenbauer juga aktif menjadi pelatih di klub Bayern Munchen dan berpartisipasi membuat klub tersebut membentuk masa-masa kejayaannya. Serta membantu Bayern Munchen tertuntun menjadi klub terbaik di liga hingga sekarang.

Melansir dari beberapa sumber, Franz Anton Beckenbauer atau akrab dikenal sebagai Franz Beckenbauer merupakan salah satu legenda sepak bola kelahiran 11 September 1945 di Munchen, Jerman Barat.

Franz Beckenbauer lahir di reruntuhan pasca perang Munich dan merupakan anak kedua dari pekerja pos Franz Beckenbauer, Sr. dan istrinya Antoine (nee Hupfauf). Dia besar di distrik kelas pekerja Giesing.

Ayahnya sendiri diketahui sinis tentang permainan dan Beckenbauer mulai bermain sepak bola ketika usia sembilan tahun. Saat itu Beckenbauer bergabung dengan tim junior SC Munich pada tahun 1954.