Jumat, 4 Oktober 2019 - 07:59 WIB

Praktisi Hukum Boy Roy Indra, SH

Praktisi Hukum Boy Roy Indra, SH

Praktisi Hukum Tanggapi Pembayaran di MTsN 5 Pasaman

Pasaman, – Praktisi Hukum Boy Roy Indra, SH menanggapi adanya pembayaran oleh siswa di MTsN 5 Pasaman beberapa waktu lalu yang membuat banyak mengeluh orang tua siswa.

Diketahui, pembayaran seperti biaya pembelian komputer yang katanya kesepakatan komite, pemeriahan HUT RI ke-74, buku LKS dan biaya masuk sekolah itu dengan terbagi menjadi 18 item diantaranya untuk pembelian sampul rapor, Al-qur’an terjemahan, kartu pustaka, baju dan atribut lainnya.

Menurut Boy Roy Indra, SH penyetoran atau pembayaran bisa dikatakan Pungli apabila pungutan yang tidak resmi, sehingga tidak dilindungi oleh peraturan pemerintah dan undang undang.

“Pungli adalah kegiatan penarikan uang yang dilakukan secara tidak sah dan melanggar hukum, yang dilakukan oleh dan untuk pribadi ataupun oknum petugas,” kata Boy Roy Indra, Jum’at (4/10).

Singkatnya, pengertian Pungli adalah aktivitas memungut biaya ditempat yang seharusnya sama sekali tidak dikenakan biaya pungutan.

Dalam pelayanan publik, tindakan Pungli sudah termasuk ke dalam kategori tindakan kejahatan pribadi karena pejabat menggunakan kekuasaannya dan kedudukannya demi menguntungkan diri sendiri. Pungutan liar dalam pelayanan publik secara tidak langsung telah merugikan masyarakat dan juga mencemarkan nama baik pribadi maupun instansi pemerintahan.

Tindakan pungli ini telah Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) Pasal 423 dan akan dikenai ancaman hukuman enam tahun penjara.

“Nah, adanya pembayaran di MTsN 5 Pasaman, apabila ada aturan yang mengatur bukan termasuk Pungli, namun apabila tidak ada aturan yang jelas, bisa jadi itu masuk kategori Pungli,” jelas Boy Roy Indra, SH.

BACA JUGA : Polisi Minta Keterangan Kepada MTsN 5 Pasaman

Sebelumnya, permasalahan ini telah beberapa kali diberitakan, hingga pihak kepolisian telah meminta keterangan kepada pihak sekolah, namun konfirmasi terakhir pada minggu lalu, pihak kepolisian masih mendalami hal itu, dan hingga saat ini belum ada informasi yang diterima bagaimana tindak lanjut penanganan permasalahan tersebut.

(Darlin)

Artikel ini telah dibaca 580 kali

loading...
Baca Lainnya

Tiga Hari Operasi Zebra, Satlantas Pasaman Keluarkan 90 Lembar Tilang

Pasaman, – Memasuki hari ketiga Operasi Zebra Singgalang 2020, Satlantas Polres Pasaman sudah mengeluarkan 90...

29 Oktober 2020, 23:44 WIB

Reuni Perak SMANTIQ Kupang ’95, Sahabat Sepanjang Masa Bersama Kita Satu

Kupang – Alumni siswa SMA Negeri 3 (SMANTIQ) Kupang angkatan 1995 mengadakan baksos dan bantuan...

29 Oktober 2020, 23:25 WIB

Polres Payakumbuh dan 50 Kota Gagalkan Peredaran 135 Kg Ganja

Sumbar, – Polres Payakumbuh beserta Polres 50 Kota berhasil menggagalkan peredaran 135 Kg ganja kering...

Konferensi Pers Dirnarkoba Polda Sumbar Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro, S.Ik didampingi Wadirnarkoba AKBP Fery Herlambang, S.Ik beserta Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira, S.Ik dan Kapolres 50 Kota AKBP Trisno Eko Santoso, S.Ik, Kamis (29/10/20).

29 Oktober 2020, 23:08 WIB

Ribuan Masyarakat Padati Lapangan Bola Kecamatan Amandraya

Nias Selatan, Deliknews.com – Ribuan masyarakat Kecamatan Amandraya menghadiri pengukuhan Tim Kampanye dan Tim Relawan...

29 Oktober 2020, 16:26 WIB

KPU Nisel Gelar Sosialisasi PKPU Nomor 8 Tahun 2017

Nias Selatan, Deliknews.com – KPU Kabupaten Nias Selatan menggelar Sosialisasi Pendaftaran pemantau pemilihan, lembaga survei...

28 Oktober 2020, 19:11 WIB

Kapolresta Tangerang Dorong Generasi Muda Jadi Pelopor Ini

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mendorong generasi muda untuk senantiasa...

28 Oktober 2020, 19:02 WIB

loading...