Sabtu, 9 November 2019 - 15:56 WIB

Polres Ciamis-TNI Tanam 8.000 Pohon Untuk Atasi Krisis Air

CIAMIS – Kemarau panjang yang melanda sebagian wilayah di Kabupaten Ciamis membuat warga kesulitan air bersih. Berkurangnya sumber air dalam tanah salah satunya akibat hutan gundul.

Terpanggil dengan kondisi yang demikian, Polres Ciamis Polda Jawa Barat menggandeng Kodim 0613.Ciamis dan Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdatul Ulama (LPPNU) melaksanakan penanaman 8.000 pohon di Kaki Gunung Sawal Ciamis, Sabtu (9/11/2019).

Penanaman ribuan pohon ini sebagai bentuk langkah jangka panjang mengatasi krisis air bersih. Pohon ditanam di tepatnya di Desa Darmacaang, Kecamatan Cikoneng, Jawa Barat. Pohon juga disebar di beberapa titik kaki gunung.

Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso mengatakan, pada musim kemarau kali ini masyarakat Ciamis mengalami kesulitan air, bencana tanah bergerak dan kebakaran lahan. Diperlukan upaya jangka panjang untuk mengatasinya seperti menghijaukan hutan dengan penanaman 8.000 pohon.

Dalam momen Maulid Nabi, Hari Santri Nasional dan Hari Pahlawan, Polisi bersama TNI, NU, Perhutani dan Pondok Pesantren Kasepuhan Atas Angin melaksanakan gerakan penanaman pohon.

“Bakti sosial ini sebagai upaya untuk menghijaukan hutan. Manfaat pohon sangat penting, untuk membuat air bertahan lama dalam tanah, menghasilkan oksigen. Bentuk kecintaan terhadap alam,” terang Kapolres.

Lulusan Terbaik Akpol 2001 ini berharap, upaya penanaman pohon ini bisa diikuti oleh seluruh masyarakat Kabupaten Ciamis. Sehingga daerah Kabupaten Ciamis terap hijau dan hutan tetap lestari.

Sementara itu Dandim 0613/Ciamis Letkol Arm Tri Arto Subagio mengatakan, semakin hari bumi semakin tua dan iklim tak teratur. Dulu di bulan berakhiran ‘ber’ pasti musim hujan. Namun tahun ini di bulan November di Kabupaten Ciamis masih belum turun hujan.

Penanaman ribuan pohon ini sebagai bentuk kepedulian terhadap anak cucu supaya tak merasakan krisis air bersih.

“Kalau gunung gundul maka tak ada persediaan sumber air. Semua pihak harus berkontribusi dan berperan, salah satunya dengan penanaman pohon. Tapi jangan hanya asal menanam tapi juga dipelihara sampai tumbuh besar,” paparnya.

Artikel ini telah dibaca 1825 kali

loading...
Baca Lainnya

Aksi Demo Tolak RUU HIP Ditunggangi Pro Khilafah

Oleh : Dodik Prasetyo Demonstrasi yang dilakukan di depan gedung DPR/MPR beberapa saat lalu adalah...

6 Juli 2020, 13:37 WIB

Mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional

Oleh : Dodik Prasetyo Krisis ekonomi di Indonesia yang terjadi akibat pandemi Covid-19 membuat keadaan...

6 Juli 2020, 08:47 WIB

Masyarakat Harus Patuhi Protokol Kesehatan di Era New Normal

Oleh : Dodik Prasetyo Era new normal membuat kehidupan masyarakat seolah-olah bangkit kembali. Banyak tempat...

5 Juli 2020, 22:07 WIB

Mewaspadai Provokasi Tolak RUU HIP

Oleh : Reza Pahlevi Rancangan undang-undang haluan ideologi pancasila masih menjadi isu panas di masyarakat...

5 Juli 2020, 19:21 WIB

Sambangi Petugas Parkir, Personel Polsek Rajeg Sampaikan Kamtibmas

TANGERANG – Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polsek Rajeg Polresta Tangerang Polda Banten...

5 Juli 2020, 16:59 WIB

Polsek Balaraja Gencarkan Sosialisasi Protokol Kesehatan

TANGERANG – Bhabinkamtibmas Polsek Balaraja Polresta Tangerang Polda Banten terus melakukan sosialisasi dan edukasi tentang...

5 Juli 2020, 16:51 WIB

loading...