Selasa, 14 Januari 2020 - 20:33 WIB

Tinjau Bangkai Paus, Bupati Asahan Akan Museumkan Agar Tak Tersebar Virus

Kisaran – Bupati Asahan, H Surya BSc bersama Forkopimda meninjau langsung kondisi Paus biru yang mulai membusuk di wilayah dekat perairan Asahan beberapa ratus meter dari daerah hutan bakau Desa Silau Baru, Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan, Selasa (14/01/2020).

Mamalia air purba raksasa diperkirakan berusia ratusan tahun, panjang 14 meter dan berat diprediksi mencapai 20 ton ini rencananya akan diawetkan tulang belulangnya untuk kemudian menjadi sarana edukasi di museum.

“Kita sudah hubungi tim museum. Mereka sedang jalan ke sini untuk observasi. Kita harapkan paus ini kedepan bisa menjadi media edukasi di koleksi museum,”kata Surya.

Masih dari Surya, rencana dimusiumkannya paus tersebut karena dikhawatirkan akan menyebarkan virus diseputar kawasan bangkainya. “Sebab, daerah paus mati tersebut merupakan jalur nelayan setempat mencari hasil laut,”tutupnya.

Sebelumnya, Kepala Desa Silo Baru Ahmad Sofyan melaporkan Rabu (08/01/2020) sore lalu, ikan Paus raksasa nyaris terdampar di pantai Silo Baru sebelum akhirnya berhasil dihalau nelayan kembali ke tengah laut.

Namun kembali lagi pada Jumat (10/01/2020) tapi 5 mil ke arah selatan dari desa Silo Baru dan kembali digiring nelayan ke laut lepas namun karena hari menjelang malam nelayan bermaksud melanjutkan keesokan harinya dan malah menemukan paus ini mati pada Sabtu kemarin.

Reporter : Jamal

Artikel ini telah dibaca 27 kali

loading...
Baca Lainnya

Bupati Asahan VidCon Dengan Presdir Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia

KISARAN – Bupati Asahan didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan serta Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan...

28 Mei 2020, 10:44 WIB

Bupati VidCon dengan Presdir Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia

KISARAN – Bupati Asahan didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan serta Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan...

28 Mei 2020, 10:35 WIB

Disdukcapil Asahan Serahkan 275 Keping KTP Pemula di 2 Kecamatan

KISARAN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Asahan menyerahkan sebanyak 275 keping Kartu...

28 Mei 2020, 10:26 WIB

Bupati Asahan Sidak Disdukcapil Tinjau Kesiapan Pelayanan Administrasi Kependudukan

KISARAN – Bupati Asahan H Surya BSc memastikan kinerja beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tetap...

27 Mei 2020, 10:45 WIB

Bupati Surya Tinjau Penyaluran Bantuan Sembako Provinsi Sumut

KISARAN – Bupati Asahan H Surya BSc didampingi Asisten I Pemerintahan, Asisten II Ekbang, Kepala...

27 Mei 2020, 08:54 WIB

Camat Kisbar Salurkan Bantuan Propinsi di Kelurahan Mekar Baru

KISARAN – Terkait wabah Covid-19 yang melanda di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan...

21 Mei 2020, 09:01 WIB

loading...