Jumat, 21 Februari 2020 - 14:57 WIB

Kantor Bupati Pasaman

Kantor Bupati Pasaman

Pengembalian Uang Negara di Pasaman Belum Selesai

Sumbar, – BPK Perwakilan Sumbar membenarkan adanya temuan di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman pada LHP atas LKPD Pemkab Pasaman tahun 2018.

Klasifikasi tindak-lanjut atas temuan itu belum sesuai rekomendasi BPK.

Hal ini disampaikan BPK Perwakilan Sumbar dalam surat tertulis yang ditandatangani Plh. Kepala Perwakilan Zaini Arif Budiman tertanggal 7 Februari 2020 dan diterima wartawan Deliknews.com 20 Februari 2020 di Kantor BPK tersebut.

Surat itu merupakan balasan atas surat wawancara wartawan Deliknews.com Januari 2020 kemarin.

Baca juga : Deliknews dan LSM Fopbindo Sumbar Mitra BPK

Dijelaskan BPK, Pejabat terkait telah menindaklanjuti dalam kurun waktu tidak melebihi 60 hari sesuai ketentuan. Namun demikian sampai saat ini tindaklanjut tersebut masih dalam proses penyelesaian atau berdasarkan Pasal 7 Peraturan BPK No. 2 tahun 2017 masuk dalam klasifikasi tindak lanjut belum sesuai rekomendasi.

Menurut data yang diperoleh Deliknews.com atas temuan itu, BPK merekomendasikan Bupati Pasaman agar menginstruksikan Kepala Dinas PUTR supaya memerintahkan PPK mempertanggungjawabkan kekurangan pekerjaan dengan menyetorkan kelebihan
pembayaran ke Kas Daerah.

Kemudian Humas dan Kalan BPK Perwakilan Sumbar Rita Rianti menyampaikan secara langsung bahwa belum keseluruhan temuan di Pasaman (Dinas PUTR Pasaman) dikembalikan.

“Kalau yang di Pasaman (temuan) sebagian sudah mengembalikan, sebagian belum,” jelas Humas dan Kalan BPK Perwakilan Sumbar Rita Rianti didampingi Kepala Sekretariat Zaini Arief Budiman dan Kasubbag Hukum Ronni Akbar kepada Deliknews.com di ruang Balai Basuo, Kamis (20/2).

Disisi lain, Zaini Arif Budiman mengatakan proses penyelesaian ganti rugi, kalau ada kekurangan kembalikan dulu supaya negara tidak rugi, BPK mendorong pengembalian dan mengawal keuangan negara.

Zaini mengakui, kalau di Kabupaten Pasaman masih ada temuan tahun – tahun sebelumnya yang belum diselesaikan.

Kemudian Kasubbag Hukum BPK Perwakilan Sumbar Ronni Akbar menanggapi apabila ada indikasi pidana atas temuan BPK, akan dilaporkan.

“Kalau ada kasus pidana yang berwenang adalah APH, kewenangan kita hanya melaporkan kalau ada indikasi tindak pidana, untuk menyatakan indikasi pidana dibutuhkan pemeriksaan dan pendalaman,” ujar Ronni.

Namun disampaikan Ronni bahwa kewenangan APH tidak hanya dapat menunggu laporan dari BPK, tapi APH bisa meminta LHP BPK bila menemukan ada indikasi pidana. Jika diminta, maka akan diberikan.

Untuk diketahui, sebelumnya, Deliknews.com telah menyurati Dinas PUTR Pemkab Pasaman pada September 2019 lalu perihal mempertanyakan pertanggungjawaban atas dugaan kekurangan volume pekerjaan tersebut. Namun hingga saat ini belum ada balasan.

Baca berita terkait : Kadis PUTR Pasaman Akui Temuan, Tak Ingat Jumlahnya

(Darlin)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

loading...
Baca Lainnya

Wah, Air Mata Haru Tim Medis Tumpah di Panongan

TANGERANG – Air mata haru tim medis dan para medis Puskesmas Panongan tumpah ketika lagu...

1 April 2020, 12:04 WIB

BPBD Semprotkan Desinfektan di Sejumlah Wilayah Ini

TANGERANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang kembali melakukan penyemprotan Desinfektan di sejumlah...

31 Maret 2020, 23:29 WIB

Ngamuk Usai Nabrak Orang, Netizen Buru Instagram Gadis Ini

TANGERANG –  Video pengemudi mobil tabrak pejalan kaki hingga tewas di kawasan perumahan elit Lippo...

31 Maret 2020, 23:21 WIB

Cegah Covid-19, Polda Sumbar Semprotkan 47.000 Liter Disinfektan

Sumbar, – Secara serentak, hari ini seluruh jalan di wilayah Sumatera Barat disemprotkan disinfektan oleh...

Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, MH, pimpin penyemprotan jalan dengan Disinfektan.

31 Maret 2020, 19:49 WIB

Pasien Corona di Tangerang Akan Ditampung Griya Anabatic

TANGERANG – Pemerintah Kabupaten Tangerang tengah menyiapkan tempat penampungan pasien virus corona (COVID-19). Lokasi yang...

31 Maret 2020, 19:06 WIB

Cerita Polresta Tangerang Kembali Semprotkan Disinfektan di 15 Wilayah

TANGERANG – Sebagai upaya memutus mata rantai peyebaran virus corona Covid–19, Polresta Tangerang Polda Banten...

31 Maret 2020, 18:07 WIB

loading...