Jumat, 5 Juni 2020 - 22:03 WIB

Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Mata Kabaharkam Polri

JAKARTA – Hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni memiliki arti tersendiri bagi Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto.

Kabaharkam dalam keterangan resminya kepada awak media mengatakan bahwa hari lingkungan hidup sedunia adalah momen kita untuk terus semangat menjaga kelestarian lingkungan dan membangun ketahanan pangan keluarga.

Jenderal bintang 3 ini menilai bahwa dalam situasi pandemi covid-19 ini, selain masalah kesehatan tentu masalah sosial ekonomi menjadi sektor yang terdampak.

“Membangun ketahanan pangan penting dimulai dari lingkungan keluarga, apalagi dalam situasi pandemi covid-19”, ujar Komjen Agus.

Kaopspus Aman Nusa II 2020 ini mengatakan bahwa ketahanan pangan keluarga bisa dimulai dari pemanfaatan lahan perkarangan untuk bercocok tanam baik untuk memenuhi pangan keluarga sehari-hari maupun untuk kebutuhan obat herbal atau apotik hidup.

“Sekarang ini banyak sekali cara bercocok tanam modern yang bisa kita aplikasikan di lingkungan rumah kita, walaupun kita tinggal diperkotaan sekalipun,” paparnya.

“Melalui momen hari lingkungan hidup sedunia ini mari coba kita bangun ketahanan pangan dari rumah-rumah, hasilnya bisa untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari dan juga bisa menjadi sumber pendapatan sampingan,” sambung Komjen Agus.

Lebih lanjut Jenderal kelahiran Blora yang aktif kegiatan Pramuka di masa mudanya ini mengatakan menjaga kelestarian lingkungan dan memanfaatkan lingkungan, keduanya juga merupakan perintah dalam agama.

“Artinya apa? Disatu sisi manusia sebagai khalifah di muka bumi membutuhkan alam untuk keberlangsungan hidup, tapi disisi lain Allah SWT memperingatkan kita akan kerusakan-kerusakan alam yang ditimbulkan oleh tangan-tangan manusia,” urai Komjen Agus.

“Kita harus sadar bahwa makan itu untuk hidup, tapi hidup bukan untuk makan,” tutupnya.

Artikel ini telah dibaca 654 kali

loading...
Baca Lainnya

Masyarakat Harus Patuhi Protokol Kesehatan di Era New Normal

Oleh : Dodik Prasetyo Era new normal membuat kehidupan masyarakat seolah-olah bangkit kembali. Banyak tempat...

5 Juli 2020, 22:07 WIB

Mewaspadai Provokasi Tolak RUU HIP

Oleh : Reza Pahlevi Rancangan undang-undang haluan ideologi pancasila masih menjadi isu panas di masyarakat...

5 Juli 2020, 19:21 WIB

Sambangi Petugas Parkir, Personel Polsek Rajeg Sampaikan Kamtibmas

TANGERANG – Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polsek Rajeg Polresta Tangerang Polda Banten...

5 Juli 2020, 16:59 WIB

Polsek Balaraja Gencarkan Sosialisasi Protokol Kesehatan

TANGERANG – Bhabinkamtibmas Polsek Balaraja Polresta Tangerang Polda Banten terus melakukan sosialisasi dan edukasi tentang...

5 Juli 2020, 16:51 WIB

Difitnah, Mbah Mar Ancam Laporkan Oknum LSM Bondowoso ke Bareskrim Polri

Jakarta – Maryadi atau Mbah Mar mengancam akan mempidanakan salah satu oknum LSM Bondowoso dan...

4 Juli 2020, 10:43 WIB

Pilkada Terapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat

Oleh : Alfisyah Dianasari Pandemi Covid-19 memang belum sepenuhnya berakhir, protokol kesehatan harus tetap diterapkan...

3 Juli 2020, 22:55 WIB

loading...