Pandemi Covid-19, Kata Kabaharkam Polri: Fa-inna Ma’al ‘Usri Yusran

  • Whatsapp

JAKARTA – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, selaku Kaopspus Aman Nusa II-Penanganan COVID-19, yakin kesulitan yang dihadapi masyarakat akibat pandemi Covid-19 akan melahirkan kemudahan sebagai hikmahnya.

“Ini akan menjadikan Indonesia menjadi Indonesia yang lebih baik. Indonesia bisa buat PCR, ventilator, dan ketahanan pangan sangat baik. Indonesia akan menjadi bangsa yang naik kelas,” kata Komjen Pol Agus Andrianto pada acara talkshow ‘Polri Promoter: Polri dan New Normal’ yang disiarkan langsung TvOne, Selasa (9/6/2020).

Bacaan Lainnya

“Fa-inna ma’al ‘usri yusran. Di balik musibah pasti ada hikmah, di balik kesulitan pasti ada kemudahan,” imbuhnya.

Ayat Al Qur’an yang dikutip tersebut merupakan bagian dari Surah Al-Insyirah (QS. 94). Lengkapnya adalah: Fa-inna ma’al ‘usri yusran. Inna ma’al ‘usri yusran. “Maka sesungguhnya, sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya, sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” – (QS.94: 5-6).

Berdasarkan keyakinan tersebut, Kabaharkam Polri mengimbau masyarakat untuk tetap tenang menghadapi pandemi dan mematuhi anjuran atau kebijakan pemerintah.

Polri sendiri, tegas Komjen Pol Agus Andrianto, akan mendukung apapun kebijakan pemerintah. Ia menilai kebijakan yang dikeluarkan pemerintah niatnya pasti untuk kebaikan, termasuk kebijakan penerapan tatanan kehidupan baru (new normal) yang tengah dipersiapkan pemerintah.

Dalam new normal, masyarakat dapat tetap beraktivitas dengan menerapkan protokol kesehatan yang dikeluarkan kementerian/lembaga terkait. Tujuannya adalah masyarakat tetap produktif dan aman COVID-19.

“Kita [Polri] akan fokus pada sosialisasi protokol-protokol kesehatan yang sudah dikeluarkan kementerian/lembaga,” ungkap Komjen Pol Agus Andrianto.

“Mengedepankan imbauan pendekatan edukatif dan humanis, beradaptasi dengan pendemi. Dan penegakan hukum adalah langkah yang terakhir,” pungkasnya.

Pos terkait

loading...