Perbedaan Digital Banking dan Online Banking

  • Whatsapp

Di tengah era yang semakin maju dan canggih, layanan perbankan kini telah berkembang semakin pesat. Hal tersebut, memunculkan berbagai jenis layanan perbankan yang mengandalkan kecanggihan teknologi. Mulanya, muncul layanan online banking yang ditawarkan oleh berbagai bank. Kemudian, disusul dengan adanya digital banking atau bank digital yang juga ikut menghadirkan kemudahan transaksi perbankan.

Apa Perbedaan Digital Banking dan Online Banking?

Bacaan Lainnya

Mungkin saat ini sudah terlalu banyak istilah layanan digital yang justru membuat Anda kebingungan. Seperti adanya istilah digital banking dan juga online banking di tengah masyarakat. Kedua hal tersebut sering dianggap sama, padahal keduanya

jelas berbeda. Berikut ini adalah 3 perbedaan utama yang terdapat pada kedua jenis layanan tersebut :

  • Pengertian Layanan

Dimulai dari pengertian layanan, keduanya memiliki perbedaan yang sangat mendasar. Bank digital merupakan sebuah fasilitas bank yang dijalankan secara online, sehingga semua jenis layanan dari bank tersebut bisa diakses online. Bisa dikatakan bahwa kantor bank konvensional dipindah semua dalam bentuk digital.

Sementara itu, online banking adalah salah satu bentuk layanan dari bank konvensional yang dihadirkan secara online. Artinya, layanan ini dihadirkan oleh bank konvensional yang memang sudah biasa digunakan masyarakat. Layanan ini pun bersifat opsional yang artinya bisa diaktifkan dan bisa juga tidak. 

  • Keberadaan Kantor Fisik

Kedua layanan ini juga berbeda apabila dilihat dari sisi keberadaan kantor fisiknya. Online banking adalah bagian dari layanan sebuah bank konvensional. Artinya, layanan ini masih memiliki kantor fisik yang bisa dikunjungi secara langsung oleh nasabah. Kantor fisik ini juga masih beroperasi dan bisa memberikan pelayanan perbankan secara offline atau konvensional.

Sementara itu bank digital merupakan bentuk bank yang sepenuhnya akan berjalan online. Bank ini tidak memiliki layanan offline untuk nasabahnya. Hal inilah yang membuat layanan bank digital umumnya lebih murah dari segi biaya admin atau biaya tambahan lain. Sebab, bank tersebut tak membutuhkan biaya lebih untuk mengadakan layanan offline.

  • Kelengkapan Layanan

Perbedaan lain yang juga cukup mendasar dari kedua jenis layanan ini adalah kelengkapan layanannya. Digital banking akan memungkinkan nasabah untuk melakukan semua jenis kebutuhan perbankan secara online. Mulai dari pembuatan akun rekening, pembukaan deposito, investasi, bahkan beraneka jenis transaksi lainnya. Semua transaksi tersebut secara online karena memang tidak ada layanan konvensionalnya.

Berbeda dengan jenis online banking yang masih punya kantor offline. Nasabah masih perlu melakukan beberapa jenis transaksi langsung ke kantornya. Misalnya pembukaan rekening dan pembukaan deposito. Interaksi dengan layanan bank offline masih sering dibutuhkan oleh pengguna online banking ini.

Digital Banking Terbaik dari Senyumku

Dilihat dari perbedaannya, Anda tentu bisa menemukan layanan mana yang dirasa paling efektif untuk digunakan. Bank digital memang dirasa jauh lebih praktis dan fleksibel terutama bagi Anda yang ingin semua aktivitas perbankan bisa dikemas dalam satu genggaman. Tak perlu lagi pergi ke kantor bank, karena semua kebutuhan layanan bisa langsung diakses secara online.

Senyumku menjadi pilihan bank digital terbaik yang dapat Anda gunakan di era yang canggih ini. Layanan bank digital dari Senyumku siap memfasilitasi pembukaan akun rekening, pembukaan deposito, transfer, dan kebutuhan lainnya lewat satu aplikasi saja. Produk dari PT Bank Amar Indonesia Tbk. ini beroperasi secara resmi dan siap menjamin keamanan para nasabahnya.

Kehadiran Senyumku menjadi solusi bagi Anda yang membutuhkan layanan digital banking dengan kualitas memuaskan. Senyumku dapat diakses di mana saja dan melayani kebutuhan transaksi tanpa biaya admin. Penawaran bunga depositonya juga kompetitif sehingga bisa jadi pilihan untuk langkah investasi di masa depan.

Pos terkait

loading...