Komitmen SN-KT, Menunjukan Pelayanan Terpadu

oleh: Damianus Atok

Pusat Pemerintahan Kabupaten Malaka, menunjukan komitmen untuk membangun tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan akuntabilitas secara terpadu dalam kepemimpinan SN-KT.

Tatanan birokrasi berinovasi yang berinotatif yang dilakukan oleh Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH, MH dan Wakil Bupati Malaka Louise Luky Taolin, S. Sos di Kabupaten Malaka harus memiliki pelayanan terpusat didalam satu lokasi.

Hal itu, sangat memudakan pelayanan Masyarakat Malaka dalam urusan administrasi, karena Masyarakat tidak lagi mencari kantor kemana-mana terkait dengan keperluannya mereka.

Dengan adanya Puspem Kabupaten Malaka itu, sebagai tongkat untuk memacu perangkat daerah lebih giat dalam meningkatkan pelayanan informasi publik kepada masyarakat, dan semua satuan kerja pemerintah juga menjadi terpacu untuk mengoptimalkan pelayanan.

Menarik benang Inovasi ini, merupakan komitmen Bupati dan Wakil Bupati untuk menjadi tata kelola pemerintahan malaka yang baik, bersih dan akuntabel. Hal ini juga, dapat mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan kantor daerah.

Adanya partisipasi masyarkat mendorong masa kepemimpinan SN-KT untuk membangun kantor daerah, maka dari warga Kamanasa relah menyerahkan lahan seluas 15,6 hektar are(ha) kepada pemerintah untuk membangun pembangunan pusat pemerintahan Kabupaten Malaka Nusa Tenggara Timur.

Terwujud dari mimpi dan harapan SN-KT bersama masyarakat malaka, supaya sebuah birokrasi yang cepat melayani, responsif terhadap pelayanan publik itu ada perubahan perubahannya. Perubahannya itu mulai terlihat wujudnya pada pembersihan lokasi Puspem Kabupaten Malaka diikuti pegelaran “halirin rai katak rai” Permohonan Izin dan Restu dari Alam dan Leluhur, Senin (14/2/2022) lalu.

Semua perkantoran dibangun dalam satu lokasi tersebut, salah satu indikator akuntabilitas kerja untuk melihat efektivitas dan efsiensi tercapainya kinerja OPD, juga melihat pula kualitas dan kuwantitas para ASN membangun budaya kerja birokrasi pada instansi dilingkup daerah Kabupaten Malaka.

Sejalan dengan komitmen kinerja pemerintahan SN-KT yang terus membaik ditingkat pelayanan masyarakat terhadap kinerja birokrasi di Malaka, sudah mulai terlihat nyata hasilnya melalui pengauditan, apel kenderaan dinas, menerbitkan Kartu Malaka Pintar dan Kartu Malaka Sehat. Kemudian, mengadakan lampu merah dan lampu jalan.

Tentu masih ada kekurangan yang perlu dibenahi, namun semangat untuk mewujudkan pelayanan yang terbaik untuk Malaka ini harus terus dijaga bersama dari semua pihak, termasuk masyarakat malaka seutuhnya.(*)

Pos terkait

loading...