NTT  

Orang Malaka dan Timor Leste Beda Status Warga Negara, Sama Dalam Kultur

Malaka, NTT, deliknews- Kabupaten Malaka, wilayah administrasi pemerintahan daerah yang terletak di perbatasan RI-Timor Leste, batas darat dan Australia, batas laut. Kehidupan masyarakat di wilayah perbatasan tersebut, terdapat dua status warga negara masing-masing Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Timor Leste yang sering datang diwilayah Malaka. Akan tetapi mempunyai kultur yang sama.

“Kami (red, masyarakat perbatasan, punya dua warga negara. Berbeda dalam status warga negara tetapi satu dalam kultur. Hanya orangnya saja, beda warga negara. Ada warga Malaka asal Timor Leste,” kata Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH dalam rakor lintas sektoral pembahasan rancangan Peraturan Bupati tentang RDTR Kawasan Perkotaan Betun di Hotel Intercontinental Jakarta, Jumat (11/3/2022).

Bupati Simon menyampaikan hal itu dalam rakor lintas sektoral tersebut berkaitan dengan pengembangan kawasan perkotaan Betun, ibukota Kabupaten Malaka yang berbatasan dengan Timor Leste dan Australia.

Pada kesempatan itu, Bupati Simon menyampaikan pula pertemuan dan rencana kunjungan kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno ke Kabupaten Malaka dalam rangka pengembangan pariwisata Malaka sebagai daerah perbatasan.

Dikatakan, Malaka memiliki keunikan, karena berbatasan dengan dua negara. Kondisi ini memungkinkan Kabupaten Malaka sebagai salah satu daerah perbatasan yang bisa dikembangkan model pariwisata lintas negara. Karena, orang Malaka dan Timor Leste berbeda dalam status warga negara, akan tetapi sama dalam kultur. (tim/Dami Atok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.