NTT  

Produk Kerajinan Dekranasda Malaka Tembus Pasar Nasional

Malaka, NTT, deliknews – Hasil produksi kerajinan Dewan Kerajinan Daerah ( Dekrasnada) Kabupaten Malaka menembus pasar nasional. Beberapa hasil produksi kerajinan dua kelompok di Desa Oenaek Kecamatan Laenmanen dipromosikan secara nasional di Jakarta Convention Center (JCC).

Ketua Dekranasda Kabupaten Malaka, Ny. drg. Maria Martina Nahak, M. Biomed kepada wartawan, Kamis (26/5/22) mengatakan hasil kerajinan dua kelompok di Desa Oenaek Kecamatan Laenmanen dipasarkan di tingkat nasional dalam ajang promosi di JCC Jakarta Selatan saat ini.

Dalam pernyataannya yang disampaikan Sekretaris Dekranasda, Marieta Teti via pesan yang dikirim dari ponselnya, Ny. Maria Martina mengatakan hasil produksi kerajinan kelompok binaan Dekranasda Kabupaten Malaka sudah saatnya dipromosikan dan dipasarkan di tingkat nasional.

Kata Ny Maria Martina, tenunan kain adat dengan modifikasi dalam berbagai bentuk seperti tas, sepatu dan pernik-pernik perhiasan perempuan mulai dipromosikan dan dikenal di pasaran baik lokal maupun nasional. “Sehingga, saat ini hasil kerajinan kelompok ibu-ibu di beberapa desa di Malaka kita bawa ke Jakarta untuk promosikan,” kata Ny Maria Martina.

Selanjutnya, atas dukungan Pemerintah Kabupaten Malaka, Dekranasda Malaka sudah mengurus Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) beberapa karya seni dan kerajinan lokal di Kantor Kementerian Hukum dan HAM di NTT. Proses untuk memperoleh hak paten atas kerajinan seperti tenun ikat dengan beberapa motif daerah dan di bidang seni seperti Bidu Tais Mutin dan Suling sementara menunggu hasilnya.(Dami Atok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.