NTT  

4005 Bantuan Program Kartu Malaka Cerdas Siap Diluncurkan

Malaka, NTT, deliknews – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Malaka mendukung program unggulan Bapati Malaka, Dr. Simon Nahak dan Wakil Bupati Malaka Louise Luky Taolin, S. Sos untuk memberikan Kartu Malaka Cerdas(KMC) kepada 4005 Anak- anak Sekolah siap diluncurkan.

Realisasi bantuan Kartu Malaka Cerdas(KMC) terhdap Anak-anak sekolah itu, sesuai dengan data yang diterima Dikbut dari satuan pendidikan atau Sekolah-sekolah untuk diajukan ke Bank yang sudah di tentukan oleh pemerintah Daerah.

Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Dikbud Malaka, Yohanes Klau, S.Ip.,MM mengatakan wujud dari program kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Malaka dibidang pendidikan itu, dari Dikbut sudah siap meluncurkan 4005 bantuan Kartu Malaka Cerdas(KMC) untuk Anak-anak sekolah, sesuai dengan data yang diterima. Ungkap Plt Kadis di ruang kerjanya, Senin (6/6/2022).

“Sesuai data siswa di sejumlah sekolah penerima bantuan sudah dikirim. Dan kita ajukan ke bank yang ditunjuk untuk perekaman data dan pembukaan rekening siswa yang bersangkutan.Proses dan tahapan realisasi bantuan Program KMC sementara berjalan dan diajukan saat ini. Satuan pendidikan sudah mengajukan dokumen kepada Dinas dan ditetapkan melalui surat keputusan Bupati Malaka.” Kata Plt Kadis.

Lanjut Plt Kadis, realisasi bantuan Program KMC akan dilakukan secara bertahap sesuai data yang dikirim dari sekolah-sekolah. Dan memang ada sedikit hambatan, terutama akses informasi dari sekolah-sekolah yang jauh. Sehingga, kita ajukan terlebih dahulu dokumen yang sudah siap untuk urusan di bank secara bertahap,” lanjutnya.

Menurut Plt Kadis bahwa, realisasi penyaluran bantuan dilakukan melalui transfer langsung ke rekening siswa untuk menekan hal-hal negatif yang muncul. Semisalkanya, orang tua atau siswa mengeluarkan sejumlah biaya untuk transport dan makan saat terima bantuan jika disalurkan secara manual. Ini tidak boleh terjadi, siswa atau orang tua dirugikan. Sehingga, kita wajibkan untuk pakai rekening siswa. Ujarnya

Ia mengimbau kepada sekolah-sekolah yang belum mengirim data siswanya, segerah diantar. Sedangkan yang sudah mau terakomodir sebagai penerima bantuan beasiswa Program KMC sebanyak 4.005 orang itu, sesuai dengan surat keputusan Bupati Malaka harus segera mengirim datanya. Dinas akan terus mengawal, bahkan memberi tindakan tegas kepada kepala sekolah yang terlambat mengirim data siswa penerima bantuan.tutupnya.(Dami Atok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.