Padang, – Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistika Provinsi Sumatera Barat (Diskominfotik Sumbar) telah menerima Laporan Keuangan Edotel Langkisau SMKN 1 Painan dari Dinas Pendidikan (Disdik) Sumbar pada (3/10/23).

Laporan keuangan itu dimintakan Diskominfotik Sumbar selaku PPID Utama kepada Disdik Sumbar atas permohonan informasi dari Wartawan deliknews.com. Namun informasi yang diterima tidak sesuai, sebab yang diminta periode 2019 – 2023, namun yang diberikan hanya 4 bulan yaitu periode April – Juli 2023.

Hal ini membuat kecurigaan publik kepada Disdik Sumbar, terkesan berupaya menutupi Laporan Keuangan Edotel Langkisau. Buktinya, salinan laporan keuangan yang dikirimkan Disdik Sumbar ke Diskominfotik Sumbar, setelah pemohon informasi melayangkan surat keberatan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Barat, Selasa (26/9/23) lalu.

Surat yang tujukan kepada Sekda Sumbar selaku atasan PPID Utama Diskominfotik Sumbar, karena belum memenuhi permohonan atau permintaan salinan laporan keuangan Edotel Langkisau dari pemohon.

Sebelumnya diberitakan Edotel Langkisau, aset berharga di tangan SMKN 1 Painan, mencuatkan sejumlah pertanyaan serius mengenai manajemen keuangannya dan perawatan aset selama tahun 2019 hingga 2023.

Kepsek yang baru pada (22/8/23) mengaku tidak ada menerima laporan keuangan dari kepsek lama ketika Sertijab. Diketahui Sertijab Kepala SMKN 1 Painan dari kepsek lama kepada kepsek yang baru, Gusrial, pada tanggal 3 April 2023 lalu dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Provinsi Sumatera Barat, Muslim Arif.

Gusrial menjelaskan Edotel Langkisau saat ini tidak disewakan, melainkan digunakan untuk keperluan pembelajaran anak-anak dan praktek dalam bidang perhotelan. Ada juga digunakan tempat rapat Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Provinsi Sumatera Barat, tidak ada biaya sewa yang dibebankan.

“Fasilitas Edotel Langkisau tidak memadai karena banyak yang rusak, sekarang sudah banyak hotel baru di Painan”, tukas Gusrial.

Sedangkan mantan Kepala SMKN 1 Painan, Syamsul Mardan, mengklaim bahwa laporan keuangan Edotel Langkisau berada di tangan pengurus tefa. Namun, upaya konfirmasi terkait sisa kas Edotel Langkisau sejak tahun 2019 hingga akhir kepemimpinannya oleh Syamsul Mardan yang kini menjabat sebagai Kepala SMKN 9 Padang, tidak mendapatkan tanggapan.

Terkait pernyataan mantan Kepala SMKN 1 Painan, Syamsul Mardan itu. Pada (11/9/23), Kepala SMKN 1 Painan, Gusrial, mengklarifikasi bahwa memang tidak ada terima laporan keuangan Edotel Langkisau saat Sertijab, tetapi setelah berkoordinasi dengan pengurus tefa, ternyata laporan tersebut ada.

“Kalau butuh jemputlah ke SMK 1 Painan, kami siapkan”, tukas Kepala SMKN 1 Painan, Gusrial kepada Deliknews.com.

Sementara, sesuai dengan ketentuan yang berlaku, permohonan informasi atau salinan dokumen melalui PPID Utama pada Diskominfotik Sumbar seperti yang telah dilakukan oleh deliknews.com pada tanggal 23 Agustus 2023, mengirim surat kepada Kepala Diskominfotik Pemprov Sumbar, selaku PPID Utama Pemprov Sumbar, untuk meminta salinan laporan keuangan Edotel Langkisau kepada PPID Disdik Sumbar.