Jakarta РMenteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan sampai dengan tahun 2023, Kementerian PUPR menyelesaikan 99 Proyek Strategis  Nasional (PSN).

“Dari 170 PSN yang ditugaskan kepada Kementerian PUPR, sampai dengan tahun 2023 sudah diselesaikan 99 PSN,” ujarnya, di Jakarta, Selasa (5/12/2023).

Adapun proyek-proyek PSN telah diselesaikan, yakni 42 proyek bendungan dan 2.143 km tambahan jalan tol.

Terdapat 40 PSN lainnya diselesaikan pada tahun 2024 dan sisanya setelah tahun 2024,” ungkapnya.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Koordinator (Permenko) Bidang Perekonomian Nomor 21 Tahun 2022, Kementerian PUPR menerima amanah untuk menjalankan pembangunan PSN yang tersebar di seluruh Indonesia.

PSN dibuat dengan prioritas pada pembangunan infrastruktur yang diharapkan dapat menciptakan dampak positif beruntun (multiple effect) bagi pertumbuhan ekonomi dan pemerataan kesejahteraan masyarakat.

Kementerian PUPR terus mempercepat penyelesaian proyek-proyek berkategori PSN agar bisa rampung pada tahun 2024.

Presiden Joko Widodo mengapresiasi kerja keras dan kecepatan Kementerian PUPR atas pembangunan berbagai infrastruktur.

Pembangunan infrastruktur adalah salah satu prioritas utama Presiden Jokowi selama sembilan tahun pemerintahannya hingga saat ini. Pembangunan infrastruktur menjadi acuan dalam rangka mendesain pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan secara besar-besaram sejak tahun 2014 membuat daya saing Indonesia meningkat. Dalam IMD Global Competitiveness Index bidang infrastruktur, peringkat Indonesia meningkat dari 54 di tahun 2014 menjadi peringkat 51 pada tahun ini. (car)