Jakarta – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) buka suara terkait Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang diisukan siap mundur dari Kabinet Indonesia Maju kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu, Deni Surjantoro tidak tegas mengatakan apakah isu Sri Mulyani siap mundur benar atau tidak. Yang jelas Bendahara Negara itu sampai saat ini tetap menjalani tugasnya menjaga keuangan negara.

“Menteri Sri Mulyani tetap menjalani tugas menjaga Keuangan Negara secara profesional dan bertanggung jawab sesuai tata kelola yang baik dan sesuai peraturan perundangan,” kata Deni dalam pernyataannya secara tertulis, Jumat (19/1/2024).

Di tengah isu siap mundur, Sri Mulyani sibuk menghadiri berbagai acara dan kegiatan. Pada 14-18 Januari 2024, ia menghadiri Pertemuan Tahunan Forum Ekonomi Dunia atau Annual Meeting World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss.

Di sela pertemuan WEF, Sri Mulyani juga menghadiri beberapa pertemuan bilateral dengan Menteri Keuangan Saudi Arabia Mohammed Abdullah Al-Jadaan dan CEO YouTube Neal Mohan.

Pada pertemuan dengan Menteri Keuangan Saudi Arabia, Sri Mulyani menyampaikan keinginan Indonesia untuk meningkatkan perannya dan mendorong reformasi melalui keterlibatan aktif Executive Director maupun talenta profesional Indonesia di IsDB.

Sementara saat bertemu dengan CEO YouTube, Sri Mulyani mendiskusikan peran media sosial tersebut dalam industri ekonomi kreatif dan telah menciptakan lapangan kerja baru sebagai content creator, bahkan menjadi profesi yang diinginkan bagi banyak generasi muda di Indonesia.

“Sekembalinya Menkeu dari Davos (malam), hari ini menghadiri tiga rapat internal bersama presiden dan jajaran kabinet di Istana Merdeka,” beber Deni.

Sekembalinya ke Indonesia dan menghadiri rapat di Istana, Sri Mulyani juga tidak tegas saat ditanya apakah isu siap mundur benar atau tidak. Ia hanya menekankan bahwa sampai saat ini masih bekerja.

“Masa? Ini masih kerja,” kata Sri Mulyani ketika ditanya wartawan usai rapat di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

Ketika dikonfirmasi kembali soal kejelasan statusnya di kabinet, Sri Mulyani kembali mengatakan dia masih bekerja. “Saya bekerja,” katanya.

Sri Mulyani sempat ditanya apakah benar diajak mundur ekonom Faisal Basri dan apakah isu mundur ini dikarenakan ada masalah dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Sayangnya ia hanya diam seribu bahasa sambil langsung masuk ke dalam mobilnya.