Rabu, 30 Januari 2019 - 14:26 WIB

Soal RUU Migas, Begini Kata Jokowi

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajaran pemerintahan untuk mengkaji dengan cerman dan hati-hati agar Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Minyak dan Gas Bumi yang merupakan inisiatif DPR tidak bertentangan dengan konstitusi.

Permintaan tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas yang membahas RUU tentang Minyak dan Gas Bumi itu, di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (23/1).

Yang kedua, Presiden juga mengingatkan, bahwa minyak dan gas bumi adalah sumber daya pembangunan yang strategis tapi juga tidak terbarukan. Karena itu, RUU tentang Minyak dan Gas Bumi ini diharapkan juga mampu memperkuat ketahanan dan kemandirian energi nasional.

“Karena itu tujuan pembentukan RUU ini harusnya bukan saja mendorong peningkatan produksi migas, tapi juga mendukung penguatan kapasitas nasional, penguatan industri dalam negeri, dan investasi SDM (Sumber Daya Manusia) kita di industri migas,” tegas Presiden.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga menekankan agar pembentukan Undang-Undang Minyak dan Gas Bumi ini juga dijadikan sebagai momentum untuk reformasi tata kelola migas sehingga lebih efisien, lebih transparan, tidak berbelit-belit, sederhana, bisa berkelanjutan, dan memberikan nilai tambah bagi perekonomian nasional.

Turut hadir dalam rapat terbatas itu di antaranya Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menko Polhukam Wiranto, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko PMK Puan Maharani, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, KSP Moeldoko, Menkeu Sri Mulyani, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menkumham Yasonna Laoly, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri KP Susi Pudjiastuti, Kepala BPKP Ardan Adiperdana, Kepala SKK Migas Dwi Sucipto, dan Dirut Pertamina Nicke Widyawati, serta para eselon 1 pada Lembaga Kepresidenan.

Artikel ini telah dibaca 510 kali

loading...
Baca Lainnya

Jadi Anggota DPR-RI, Mulan Jameela Siap Perjuangkan Aspirasi Rakyat

Jakarta – Anggota DPR RI Fraksi Gerindra Mulan Jameela dari dapil Jabar XI Garut, Tasikmalaya...

Ketua MPR terpilih Bambang Soesatyo

4 Oktober 2019, 12:02 WIB

Puan Maharani Tekankan Semangat Kolektif Kolegial

Jakarta – Ketua DPR RI terpilih Puan Maharani dalam pidato perdananya menekankan semangat kolektif kolegial...

Ketua MPR terpilih Bambang Soesatyo

3 Oktober 2019, 17:55 WIB

Cantik, Ini Hillary Brigita Lasut, Anggota DPR Termuda

Jakarta – Anggota DPR RI Periode 2019-2024 termuda, Hillary Brigitta Lasut, 23 tahun akan menjadi...

Ketua MPR terpilih Bambang Soesatyo

1 Oktober 2019, 12:15 WIB

Banggar DPR Minta Pemerintah Siapkan Strategi Hadapi Tekanan

Jakarta – Wakil Ketua Badan Anggaran(Banggar) DPR RI Said Abdullah memperkirakan tekanan nilai tukar rupiah...

Ketua MPR terpilih Bambang Soesatyo

20 Agustus 2019, 05:05 WIB

Komisi V DPR RI Desak Kementerian Perhubungan Tunda Aturan Bagasi Berbayar

JAKARTA – Kebijakan bagasi berbayar yang diterapkan oleh maskapai penerbangan sungguh membuat masyarakat mengeluh. melihat...

30 Januari 2019, 15:40 WIB

RUU Kekerasan Seksual Pro-zina, Kata Bamsoet Begini

Jakarta – Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) membantah Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS)...

Bambang Soesatyo

30 Januari 2019, 14:29 WIB

loading...