Minggu, 14 Juli 2019 - 23:07 WIB

Warga Mengungsi

Warga Mengungsi

Gempa 7,2 SR Hancurkan Wilayah Maluku Utara

Ternate – Gempa 7,2 SR pada Minggu (14/7) sore menghancurkan sejumlah wilayah pesisir Maluku Utara. Warga di Labuha Ibu kota Kabupaten Halmahera Selatan,mengungsi ke daerah ketinggian pascagempa mengguncang daerah itu pada Minggu (14/7/2019) petang pukul 18.28 WIT.

Sementara itu, Warga di Ternate, Haltim, Tidore, Halbar juga mengungsi ke ketinggian. Di, Ternate warga memilih bertahan di ketinggian untuk mengantisipasi adanya gempa susulan.

Salah seorang warga Labuha Muslim, menjelaskan gempa yang melanda terasa kuat sekali mengakibatkan pintu dan jendela rumah berbunyi keras, bahkan gelas yang berada di atas meja sampai berjatuhan ke lantai.

“Warga yang mengungsi ada yang menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat tidak sedikit pula yang berlari dengan membawa barang seadanya, semuanya warga terlihat sangat panik,” katanya seperti dikutip Antaranews.

Kepala BMKG Ternate Kustoro menjelaskan gempa berkekutan Magnitudo 7.2 berpusat di sekitar Gane Barat, sekitar 68 KM dengan kedalaam 10 KM dari kota Labuha dan tidak berpotensi tsunami.

Gempa tersebut dirasakan di Labuha 4-5 MMI dan di wilayah lainnya di Malut seperti di Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan dan Kabupaten Halmahera Tengah serta dirasakan pula Ambon dan Bitung.

“Gempa tersebut berkekuatan magnitudo 7.2 tidak menimbulkan berpotensi tsunami karena sifatnya berupa pergesaran lempeng, berbeda dengan gempa yang melanda di sejumlah wilayah di Malut pada Senin lalu berkekuatan magnitudo 7.0 berpotensi tsunami karena sifatnya tumbukan turun,” katanya.

Dari Badan Penanggunlangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halmahera Selatan diperoleh keterangan bahwa warga yang mengungsi ke daerah ketinggian bukan hanya di kota Labuha, tetapi juga warga di daerah pesisir lainnya di Halmahera Selatan, seperti di wilayah Babang, Kecamatan Bacan Timur.

Artikel ini telah dibaca 1396 kali

loading...
Baca Lainnya

Reaksi Cepat, Polsek Ternate Selatan Tangkap Pelaku Curanmor, Lihat

Ternate – Kepolisian Sektor Ternate Selatan, Maluku Utara menangkap pelaku pencurian kendaraan bermotor di lingkungan...

Foto : Antara

2 Mei 2020, 22:58 WIB

Gempa MG 5,1 SR Guncang Ternate

Ternate – Gempamagnutido (M) 5,1 terjadi di Ternate, Maluku Utara (Malut). Gempa tidak berpotensi tsunami....

Ilustrasi Gempa

13 April 2020, 22:55 WIB

Unkhair Ternate Skorsing 4 Mahasiswa, Ini kata Rektor

Ternate – Universitas Khairun Ternate akhirnya memberikan skorsing kepada 4 mahasiswa yang terlibat aksi perpeloncoan...

Foto : Antara

30 Agustus 2019, 17:28 WIB

Parpol Ternate Punggut Dana Pendaftaran Calon Walikota Bakal Disanksi

Ternate – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) mendeteksi adanya dugaan pembayaran...

Video viral ospek Mahasiswa

30 Agustus 2019, 17:04 WIB

Mahasiswa Baru Unkhair Dipaksa Minum Air Muntahan, Memalukan Ternate

Ternate – Aksi perpeloncoan terjadi saat massa orientasi dan pengenalan kampus di lingkungan Universitas Khairun...

Video viral ospek Mahasiswa

30 Agustus 2019, 11:11 WIB

Pembobol Jok Motor di Ternate Ditangkap

Ternate – Polsek Ternate Selatan, berhasil meringkus satu pelaku spesialis pembobol jok sepeda motor di...

Video viral ospek Mahasiswa

14 Agustus 2019, 18:00 WIB

loading...