Jumat, 22 Mei 2020 - 12:16 WIB

Kabaharkam Wakili Kapolri Ikut Rakor Tingkat Menteri

JAKARTA – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Drs Agus Andrianto, selaku Kaopspus Aman Nusa II-Penanganan COVID-19, mewakili Kapolri Jenderal Idham Azis mengikuti Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Pimpinan Menko Polhukam melalui video conference dari Ruang Rapat Utama Baharkam Polri, Mabes Polri, Jakarta, Rabu (20/5/2020) malam.

Dalam kesempatan ini Kabaharkam Polri didampingi oleh Wakabareskrim Polri, Kakorlantas Polri, dan Kapusdokkes Polri.

Rapat ini beragendakan laporan perkembangan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, kasus physical distancing di Wisma Atlet, kebutuhan PCR Di Jawa Timur, dan pengamanan Idul Fitri.

Terkait kesiapan pengamanan Idul Fitri 1441 H, Kabaharkam Polri menjelaskan, Polri melaksanakan Operasi Ketupat 2020 dengan kekuatan 172.380 personel, serta personel gabungan TNI dan Dishub, yang disebar di 56 titik pengawasan untuk mencegah masyarakat mudik.

“Sudah ada 54 ribu kendaraan dikembalikan ke Jakarta karena tidak mematuhi imbauan pemerintah dan protokol kesehatan,” ungkap Komjen Pol Agus Andrianto.

Selain itu, menurut Kabaharkam Polri, pihak kepolisian juga terus berupaya menjaga stabilitas pangan dengan membentuk Satgas Pangan. Polri juga membentuk Satgas anti hoaks dan ujaran kebencian, Satgas BBM, dan Satgas anti Teror.

“Bulan Maret-Mei kami sudah melakukan 49 penangkapan tersangka teroris dan akan terus melakukan penindakan serta penyelidikan terhadap hal ini,” tegasnya.

Sementara untuk masalah takbiran dan Shalat Idul Fitri, Komjen Pol Agus Andrianto menegaskan bahwa Kapolri telah mengeluarkan Surat Telegram agar jajaran kepolisian kewilayahan melakukan sosialisasi terkait protokol kesehatan, Surat Edaran Menteri Agama, dan imbauan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan merangkul tokoh masyarakat (Tomas), tokoh pemuda (Toda), dan khususnya tokoh agama (Toga).

“Bila masyarakat tetap memaksakan melaksanakan sholat ied, Polri akan mengimbau dan mengawasi agar pelaksanaannya tetap memperhatikan protokol kesehatan,” kata Komjen Pol Agus Andrianto.

Artikel ini telah dibaca 3115 kali

loading...
Baca Lainnya

Kapolri Melalui Kabaharkam Terbitkan Surat Telegram Antisipasi Unras Langgar Prokes

JAKARTA – Kepolisian Negara Republik Indonesia menerbitkan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/3799/XII/OPS.2./2020 sebagai upaya menyikapi...

3 Desember 2020, 12:02 WIB

Disiplin Protokol Kesehatan dan Dukung Vaksinasi Nasional Sukseskan Pencegahan Covid-19

Oleh: Heru Rianto (Pegiat Literasi Komunikasi dan Blogger Kota Solo) Jumlah kasus aktif virus Corona...

2 Desember 2020, 22:24 WIB

UU Cipta Kerja Kunci Pemulihan Ekonomi Nasional

Oleh : Alfa Mayora Pemerintah sedang gencar memulihkan ekonomi nasional agar tak lagi terjebak dalam...

2 Desember 2020, 20:30 WIB

Masyarakat Adat Papua Menolak Separatisme

Oleh : Agustinus Mareo 1 Desember sering diperingati sebagai HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM). Kelompok...

2 Desember 2020, 18:01 WIB

Masyarakat Mengecam Demo Rusuh Papua Merdeka

Oleh : Rebecca Marian Demo yang rusuh di Sorong dan Manokwari menggegerkan wilayah Bumi Cendrawasih...

2 Desember 2020, 11:28 WIB

Vaksin Sinovac Memenuhi Aspek Kehalalan

Oleh : Tasya Camila Vaksin corona sudah dinanti-nanti oleh masyarakat agar pandemi lekas berakhir. Mereka...

1 Desember 2020, 23:09 WIB

loading...