KPU Malaka Terus Melakukan Pemutahiran Data Pemilih Setiap Hari

Malaka, NTT, deliknews – Tahapan persiapan telah dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Malaka menjelang Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024 mendatang telah melakukan tahapan-tahapan diantaranya, menyelenggarakan pemutakhiran data dan Daftar pemilih berkelanjutan (PDPB)

Dengan demikian pada tahapan smeter I, triwulan I pada Bulan Maret 2022 itu, terdapat 117. 126 pemilih. Kemudian, perolehan daftar pemilih berkelanjuatan(DPB) data pada rapat koordinasi(Rakor), triwulan II, Kamis(23/6/2022) terdapat, 117.291 pemilih yaitu, Laki-laki, 54.604 dan perempuan 62.687 pemilih di 127 desa, tersebar di 12 Kecamatan.

Ketua KPU Malaka, melalui juru bicaranya Yoseph Nahak, menyampaikan bahawa dari KPU telah melakukan tahapan persiapan
Pemilihan serentak 2024 itu dengan daftar pemilih dan pemutahiran data. Kata Yoseph Nahak diruang rapat KPU.

“Terkait dengan Daftar Pemilih Berkelanjutan itu, sudah dilakukan ditingkat desa, juga termasuk sekolah, tingkat SMA dan SMK yang ada di Kabupaten Malaka Nusa Tenggar Timur. Pemutakhiran data pemilih tersebut, sudah dimulai sejak pasca Pemilu Serentak 2019, dimulai awal 2020 lalu.

“Rekapitulasi data dan pemutahiran data pemilih setiap hari dan terus dilakukannya, supaya bisa mendapatkan data yang Vailit dan akurat. Kemudia gelar rapat koordinasi(rakor)ber-triwulan. Dan pemutahiran data dan rekapitulasi data yang dilakukan oleh KPU Malaka, mengacu pada peraturan KPU no 6 tahun 2021.

Ia juga, mengatakan daftar pemilih dan pemutahiran data, sudah membangun komonikasi dengan pihak dinas kesehatan, PMD dan Dinas Kependudukan, sehingga KPU mendapatkan data kependudukan yang vailit dan akurat.

Selain dari beberapa Dinas tersebut, dari KPU akan berkoordinasi dengan pihak TNI-Polri, atas pihak anggota yang sudah pensiun untuk mendapat data pemilih. Ia juga mengharapkan untuk semua pihak agar membantu KPU dalam pendataan darta pemilih.tutupnya.(Dami Atok)

Pos terkait

loading...