Regional

30 mahasiswa PGSD Umuslim Akan Kuliah di Universtas Pakuan Bogor

Bireuen.  Sebanyak 30 mahasiswa prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Kabupaten Bireuen akan mengikuti  kuliah di Universitas Pakuan Bogor untuk mengikuti perkuliahan selama dua bulan.

Demikian disampaikan Kabag. Humas Umuslim Zulkifli,M.Kom mengutip informasi dari Ka. prodi PGSD FKIP Universitas Almuslim. Amat,MPd kepada media ini Kamis (19/07/2018).

Menurutnya, ke 30 mahasiswa tersebut akan berangkat awal September mendatang.

“Keberangkatan mahasiswa umuslim  dalam rangka pertukaran mahasiswa dua universitas, setelah Umuslim  memenangkan hibah Sistem Pembelajaran Daring Indonesia (SPADA) PGSD yang diprogramkan  Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti,” ujar Zulkifli.

Sambungnya lagi bahwa edangkan mata kuliah yang lainnya akan dilakukan belajar jarak jauh (E-Learning).

Selain hibah pertukaran mahasiswa , sambung Zulkifli bahwa Umuslim juga menang dalam program mata kuliah, dimana mahasiswa Umuslim akan mendapat  pembelajaran e-learning jarak jauh (online) sebanyak 3 (tiga) mata kuliah dengan universitas Pakuan Bogor.

“Begitu juga sebaliknya Universitas Pakuan Bogor juga akan mengirimkan 30 mahasiswanya untuk tinggal dan  belajar di Umuslim selama dua bulan,” jelas Zulkifli.

Program Hibah ini  semua biaya ditanggung oleh Dikti dengan sistem pertukaran mahasiswa antar universitas yang telah ditunjuk.

“Proses pembelajaran mata kuliah Daring  dikembangkan berbasis online melalui e-learning atau Learning Management System (LMS), karena semua data spada ini akan terintegrasi dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti),”ujar Zulkifli.

Secara terpisah Rektor Umuslim Dr.H.Amiruddin Idris,SE.,MSi menjelaskan program daring ini merupakan sebuah program yang dirancang Kemenristekdikti bertujuan untuk meningkatkan akses terhadap pembelajaran yang bermutu, dengan memberikan peluang dari mahasiswa dari satu perguruan tinggi  tertentu untuk dapat mengikuti mata kuliah tertentu dari perguruan tinggi lainnya dan hasil belajarnya dapat diakui sama oleh Perguruan Tinggi dimana mahasiswa terdaftar.

“Umuslim  berhasil memenangkan hibah yang dilaksanakan Dirjen Dikti, pemenang hibah program ini hanya 24 prodi PGSD, baik Perguruan Tinggi Neger (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indinesia. Bagi Umuslim program ini merupakan tahun kedua  memenangkan program ini,”jelas Rektor Umuslim Dr.H.Amiruddin Idris,SE.MSi

 

loading...
Tags

Related Articles