Sabtu, 28 Maret 2020 - 20:03 WIB

Petugas medis di Pasaman pakai mantel plastik sebagai APD, Kamis (26/3/20). Sumber foto : Akun Facebook resmi Dinas Kominfo Pasaman.

Petugas medis di Pasaman pakai mantel plastik sebagai APD, Kamis (26/3/20). Sumber foto : Akun Facebook resmi Dinas Kominfo Pasaman.

Anggaran Corona di Pasaman Disoroti, Pemda Diminta Terbuka

Sumbar, – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) diminta terbuka soal anggaran pencegahan penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Pasaman, sebab ada kejanggalan.

Pada (20/3/20) lalu, Presiden Jokowi meminta dalam menghadapi dampak ekonomi pandemi global corona atau Covid-19, dilakukan realokasi anggaran, baik dalam APBN maupun APBD.

Sementara, untuk Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat terdapat kejanggalan dalam pencegahan virus Corona atau Covid-19.

Sebelumnya, telah adanya pernyataan Bupati Pasaman yang dimuat media bahwa Pemda Pasaman menyiapkan anggaran Rp2 miliar bersumber dari APBD setempat untuk pencegahan virus Corona.

Kemudian ada lagi informasi bahwa pejabat Dinkes Pasaman menyampaikan saat jumpa pers, Dinkes mengusulkan anggaran Corona sebesar Rp136 miliar.

Namun yang jadi sorotan dan tanda tanya bagi publik, berapa anggaran sebenarnya untuk pencegahan penyebaran virus berbahaya itu. Keraguan timbul di publik dan para nitizen yang termasuk warga Pasaman, ketika melihat petugas medis memakai mantel plastik sebagai Alat Pelindung Diri (APD) dalam melakukan pelayanan pendataan masyarakat yang ternotifikasi dalam menangani penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Pasaman.

Akun Facebook resmi Kominfo Pasaman menyebutkan, APD yang standar saat ini sulit ditemukan. Tim Gugus Tugas sudah berusaha dan terus berusaha mencari semaksimal mungkin APD agar dapat dipakai oleh petugas medis.

Baca berita terkait: Prihatin Melihat APD Petugas Medis di Pasaman

Deliknews.com mencoba mengkonfirmasi Kadis Kominfo Kabupaten Pasaman William Hutabarat soal anggaran Corona di Pasaman, ia menyampaikan soal anggaran agar ditanya ke keuangan.

“Kalau itu tanya keuangan,” ujar Kadis Kominfo Pasaman William Hutabarat, Kamis (16/3/20).

Sementara ketika Kepala Keuangan Pemkab Pasaman Roni dikonfirmasi soal anggaran via WA, tidak ada menanggapi.

Baca juga: DPRD Pasaman Dukung Penuh Pemkab Soal Anggaran Corona

Dipuji, Imbauan Kapolsek Lubuk Sikaping Sebelum Maklumat Kapolri

Cegah Virus Corona, Ini yang Dilakukan Polda Sumbar

Sebelumnya pada (25/3/20) telah dilakukan konfirmasi kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman dr. Arnida menyebutkan semua informasi terkait Corona Kadis Kominfo yang boleh menyampaikan.

“Wa’alaikum salam, semua informasi kadis kominfo yang boleh menyampaikan. Konfirmasi saja ke kadis kominfo,” jawab dr. Arnida dikonfirmasi soal Corona.

Berkat banyaknya kejanggalan itu, Ketua DPD LSM Fopbindo Sumbar dan masyarakat Pasaman meminta Pemda Pasaman agar transparan soal anggaran pencegahan virus Corona.

“Mohon Pemda untuk terbuka, biar bisa kita awasi bersama, jangan nanti sampai ada penyalahgunaan anggaran. Pemda jangan main-main, kalau nanti ada temuan kejanggalan penggunaan anggaran sanksinya keras oleh KPK. ini sudah darurat,” tegas Ketua DPD LSM Fopbindo Sumbar, Ahmad Husein.

Menurut Husein, petugas kesehatan khusus virus Corona saat ini adalah garda terdepan untuk melawan wabah virus tersebut, dan kalau APD nya seandainya maka tidak tertutup kemungkinan menjadi korban virus Corona atau Covid-19.

(Darlin)

Artikel ini telah dibaca 644 kali

loading...
Baca Lainnya

Kapolresta Tangerang Bina Komunitas Jadi Pelopor Pelaksanaan Protokol Kesehatan

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi membina komunitas masyarakat untuk menjadi...

22 September 2020, 14:36 WIB

Rencana Aksi Unras Dibatalkan, Polsek Balaraja Gelar Apel Konsolidasi

TANGERANG – Jajaran Polsek Balaraja Polresta Tangerang Polda Banten menggelar apel konsolidasi pengamanan penyampaian pendapat...

22 September 2020, 14:31 WIB

Polsek Tigaraksa Semprot Disinfektan dan Bagi Ratusan Masker ke Ponpes Al Falah

TANGERANG – Guna mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, jajaran Polsek Tigaraksa Polresta Tangerang...

22 September 2020, 14:26 WIB

Cegah Covid-19, Personel Polresta Tangerang Diberi Extra Fooding

TANGERANG – Berbagai upaya dilakukan oleh jajaran Polresta Tangerang Polda Banten dalam menjaga stamina para...

22 September 2020, 13:50 WIB

Kurang Dari 24 Jam Polsek Bukit Batu Ungkap Identitas Mayat Mr X

Palangka Raya – Kepolisian Sektor Bukit Batu berhasil mengungkap identitas mayat Mr. X yang ditemukan...

22 September 2020, 00:31 WIB

Sertifikat Ganda ! BPD Bali Bantah Serobot Tanah Tapi Tidak Tahu Muasal

Denpasar – Sebidang tanah luas 3,85 are di Jalan Gadung, Desa Dangin Puri Kangin, Kec....

Kepala Divisi Umum dan Kesekretariatan BPD Bali, IB Gede Ary Wijaya Guntur.

21 September 2020, 21:05 WIB

loading...