Selasa, 12 Mei 2020 - 00:19 WIB

Vaksin Belum ditemukan, Ini Kata Kabaharkam Polri

JAKARTA  – Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyebut saat ini belum ada orang yang kebal terhadap virus corona jenis baru selama vaksin belum ditemukan.

“Sampai saat ini belum ada vaksin sehingga belum ada orang yang kemudian mendapatkan kekebalan terhadap penyakit ini,” katanya  dalam konferensi pers di BNPB, Minggu (10/5/2020).

Tentu hal ini masih menjadi hal yang perlu diantisipasi oleh seluruh masyarakat mengingat pandemi Covid-19 masih mewabah di Indonesia. Belum lagi, berbagai sektor terdampak akibat pandemi Covid-19 ini, termasuk juga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Bagaimana tanggapan Kaopspus Aman Nusa II-Penanganan Covid-19 yang juga Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto? Berikut petikan wawancara melalui pesan singkat whatsapp, Senin (11/5/2020).

 

Sejauh ini bagaimana upaya Polri terkait pandemi Covid-19 yang masih mewabah di Indonesia?

Polri dari awal bergerak cepat bagaimana mencegah dan menanggulangi wabah Covid-19 ini, pak Kapolri dari awal menekankan bahwa keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi (Salus Populi Suprema Lex Esto), bergerak dari sini Polri diluar tugas sehari-hari memelihara kamtibmas juga membantu percepatan penanggulangan Covid-19.

 

Komjen Agus kan sekaligus Kaopspus Aman Nusa II-Penanganan Covid-19, artinya sebagai Kabaharkam Polri juga punya tanggungjawab khusus terkait penanganan Covid-19?

Kita butuh sinergitas dan kerja sama dalam penanggulangan virus Covid-19 ini, tidak bisa bergerak sendiri, selaku Kaopspus Aman Nusa II-Penanganan Covid-19 kita coba mengorganisir semua sumber daya yang ada di Polri untuk menanggulangi Covid-19 sesuai arahan Pak Presiden Jokowi dan Pak Kapolri.

Himbauan sosial distancing dan physical distancing yang dari awal digencarkan tidak berjalan mulus awalnya, karena masih banyak masyarakat yang tidak peduli dan tidak mengerti, perlu edukasi dan bahkan sedikit ketegasan ditengah-tengah masyarakat, Polri disini hadir bersama TNI dan stakeholder lainnya memberi himbauan, membubarkan kerumunan dan melakukan hal-hal preventif lainnya.

 

Tanggapan terkait larangan mudik?

Polri mendukung penuh larangan mudik ini, karena kita sama-sama ketahui virus itu tidak bergarak, tapi manusia yang membawa virus itu dari satu tempat ke tempat lainnya, kita tidak tau apakah kita sudah terinfeksi virus jika kita belum melakukan rapid test dan serangkaian uji lainnya, kita tidak tau apakah moda angkutan yang kita pakai terdapat virus atau tidak, kita tidak tau apakah orang lain yang sama-sama jadi penumpang sudah terpapar virus atau tidak.

Seumur-umur saya bertugas di Kepolisian, baru kali ini Operasi Ketupat dilakukan lebih awal, ini sebagai upaya Polri meminimalisir dampak Covid-19 dan dalam rangka mendukung upaya pemerintah terkait larangan mudik.

 

Tanggapan tentang apresiasi langkah-langkah yang dilakukan oleh Polri dan jajaran?

Kami hanya menjalankan tugas dengan segala sumber daya yang ada di Polri, terlebih saat ini bulan suci Ramadhan, tentu cobaan ini menjadi lebih berat. Untuk itu Pak Kapolri juga sudah mengeluarkan Surat Telegram terkait bantuan kepada masyakarat dan juga tentunya terkait kamtibmas selama pandemi Covid-19 ini.

Kita tidak ingin melihat ada saudara-saudari kita yang kelaparan, banyak yang tidak tersentuh bantuan karena tidak terdata, untuk itu Kapolri memerintahkan membentuk satgas khusus untuk mendata dan memberi bantuan lansung kepada masyakarat.

 

Sampai saat ini vaksin virus Covid-19 belum ditemukan, tentu pandemi itu akan berpengaruh terhadap sosial, ekonomi dan kamtibmas di masyakarat. Tanggapannya?

Ya, sampai saat ini kita cermati diberbagai belahan dunia, vaksin Covid-19 belum ditemukan sampai saat ini, terus apa kita lantas berdiam diri ? kan tidak juga

Biasakan diri hidup berdampingan dengan barbagai macam virus, bakteri dan jamur, termasuk virus covid-19 ini, terapkan pola hidup bersih sehat (PHBS), menggunakan masker dan menjaga jarak.

Tiap-tiap kita sudah ditentukan batas waktunya, ga bisa didorong apalagi dihalang. Banyak meme yang saya lihat di media sosial, salah satunya “Hanya Covid-19 yang mampu membuat kita belajar mencuci tangan yang benar” ini kan lucu kalau dilihat tapi ada benernya, ini merubah peradaban kita, gaya hidup kita untuk lebih sehat.

Ada lagi saya lihat meme dan beberapa laporan dari jajaran, tindak pidana pencurian berkurang, khususnya kejahatan jalanan seperti pencopetan, kan sosial distancing dan physical distancing gimana tangannya mau sampai ke kantong/tas kalau kita berjarak 1-2 meter, hehehehe

 

Wah, guyon Kepolisian lucu juga pak, terima kasih atas waktunya, semoga langkah-langkah yang ditempuh Polri sebagai ladang ibadah bagi personil yang menjalankan

Siap, terima kasih salam hormat buat seluruh keluarga, jadikan pandemi covid-19 ini sebagai ujian diri untuk berubah menjadi lebih baik lagi, terus tebar kebaikan dimanapun, jangan bicara agama tinggi-tinggi tetapi tetangga kiri kanan ndak makan kita cuek-cuek aja, menolong orang juga ngga harus dengan uang, kita bisa bantu datakan dan memberikan ke pihak terkait kalau kita juga punya keterbatasan dalam membantu, bahkan saat ini media sosial juga bisa digunakan, jika ada hal-hal yang belum terbantu.

 

Artikel ini telah dibaca 740 kali

loading...
Baca Lainnya

Masyarakat Harus Disiplin Protokol Kesehatan Menuju New Normal

Oleh : Edi Jatmiko Era new normal yang baru dibuka sebulan ini membuat kita boleh...

8 Juli 2020, 22:58 WIB

Menteri KKP Berangkatkan Ekspor Ke 90 Dari PT. Kirana Food

Tuban – Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo, memberangkatkan ekspor olahan ikan laut ke...

8 Juli 2020, 21:14 WIB

Mendukung Pengamalan dan Penguatan Ideologi Pancasila

Oleh : Alfisyah Kumalasari Pancasila sebagai ideologi bangsa sudah seharusnya diamalkan oleh seluruh pihak. Jadi...

8 Juli 2020, 17:17 WIB

Waspada Radikalisme di Media Sosial

oleh : Panji Saputra Media sosial adalah tempat untuk bersosialisasi di dunia maya dan kadang...

7 Juli 2020, 22:41 WIB

Ketua Gustu Nasional Puji Maluku Utara Tangani Covid-19

TERNATE – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (Gugus Tugas Nasional) Doni Monardo mengapresiasi langkah-langkah...

7 Juli 2020, 15:53 WIB

Antisipasi Karhutla, Inilah Langkah Sigap Polres Majalengka

MAJALENGKA – Polres Majalengka Polda Jawa Barat melakukan sejumlah antisipasi untuk menanggulangi bencana kebakaran hutan...

6 Juli 2020, 23:12 WIB

loading...