Rabu, 13 Mei 2020 - 00:05 WIB

Kabaharkam Polri: Covid-19 Guru Untuk Membangun Kekebalan Tubuh

JAKARTA  – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, sekaligus Kepala Operasi Kepolisian Terpusat Aman Nusa II-Penanganan COVID-19, Komjen Pol Drs Agus Andrianto, kembali mengingatkan kita agar membiasakan diri hidup berdampingan dengan virus Corona baru (COVID-19) yang kini telah menginfeksi lebih dari 4 juta orang di seluruh dunia.

“Sepanjang vaksinnya belum ditemukan, kembali saya ulangi, sepanjang vaksinnya belum ditemukan, kita harus siap hidup berdampingan dengan virus ini, sebagaimana dengan virus-virus yang lainnya,” kata Komjen Pol Agus Andrianto di Jakarta, Selasa (12/5/2020).

“Kan ada virus Kolera, virus TBC, ada juga bakteri, ada juga jamur. Kita ini hidup dikelilingi oleh yang seperti itu,” tambahnya.

Oleh karena itu, Komjen Pol Agus Andrianto mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap berpikir positif dan tidak panik dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Sementara protokol kesehatan, yakni menggunakan masker, rutin mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak, tetap harus diperhatikan untuk mengurangi persebaran virus yang lebih masif.

Menurut Komjen Pol Agus Andrianto, kepanikan dalam menghadapi pandemi COVID-19 ini bisa berdampak tidak baik karena akan membuat orang menjadi berlebihan dalam memproteksi diri.

Proteksi diri yang berlebihan ini dapat menyebabkan bukan hanya virus yang hilang tapi juga bakteri-bakteri baik yang justru diperlukan tubuh kita.

“Kalau saya bilang, [Covid-19] itu guru kita di dalam membangun sistem kekebalan tubuh. Memang yang paling penting adalah membangun sistem kekebalan tubuh kita,” urainya.

“Kalau kita terlalu memproteksi maka sebenarnya kita mulai mempersiapkan diri untuk tidak siap menghadapi, ya memang di kehidupan ini, banyak sekali yang tidak bisa kita lihat,” jelas mantan Kapolda Sumatera Utara itu.

Selain itu, Komjen Pol Agus Andrianto juga berpesan kepada masyarakat agar berhati-hati dalam mencari dan menerima informasi seputar pandemi.

Kehati-hatian ini diharapkan dapat menekan penyebaran berita-berita bohong (hoaks) sehingga informasi yang didapat hanya informasi yang benar dan dapat menghadirkan ketenangan.

“Banyak berita-berita yang kadang simpang-siur di masyarakat termasuk informasi-informasi kesehatan. Menurut saya, gak usah takutlah, kita gak usah terlalu takut juga menghadapi ini,” tutup Komjen Pol Agus Andrianto.

Artikel ini telah dibaca 732 kali

loading...
Baca Lainnya

Masyarakat Harus Disiplin Protokol Kesehatan Menuju New Normal

Oleh : Edi Jatmiko Era new normal yang baru dibuka sebulan ini membuat kita boleh...

8 Juli 2020, 22:58 WIB

Menteri KKP Berangkatkan Ekspor Ke 90 Dari PT. Kirana Food

Tuban – Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo, memberangkatkan ekspor olahan ikan laut ke...

8 Juli 2020, 21:14 WIB

Mendukung Pengamalan dan Penguatan Ideologi Pancasila

Oleh : Alfisyah Kumalasari Pancasila sebagai ideologi bangsa sudah seharusnya diamalkan oleh seluruh pihak. Jadi...

8 Juli 2020, 17:17 WIB

Waspada Radikalisme di Media Sosial

oleh : Panji Saputra Media sosial adalah tempat untuk bersosialisasi di dunia maya dan kadang...

7 Juli 2020, 22:41 WIB

Ketua Gustu Nasional Puji Maluku Utara Tangani Covid-19

TERNATE – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (Gugus Tugas Nasional) Doni Monardo mengapresiasi langkah-langkah...

7 Juli 2020, 15:53 WIB

Antisipasi Karhutla, Inilah Langkah Sigap Polres Majalengka

MAJALENGKA – Polres Majalengka Polda Jawa Barat melakukan sejumlah antisipasi untuk menanggulangi bencana kebakaran hutan...

6 Juli 2020, 23:12 WIB

loading...