Jumat, 4 Desember 2020 - 05:20 WIB

Hasil Penelitian Bawang Putih Untuk Kesehatan dan Imunitas Tubuh

Salah satu jenis rempah yang sering digunakan di Indonesia sebagai bahan untuk bisa menambah cita rasa suatu masakan adalah bawang putih. Bahan ini memang tidak pernah ketinggalan dalam setiap olahan makanan karena rasanya yang khas. Sudah sejak lama bawang putih digunakan sebagai penyedap berbagai masakan, baik yang ditumis atau dibakar. Ternyata bawang putih tidak hanya memiliki rasa yang gurih dan sedap saja, tetapi juga menawarkan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

Berikut dibawah ini 7 manfaat bawang putih untuk kesehatan, diantaranya yaitu :

  1. Menurunkan Tekanan Darah Dan Kolesterol

Untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol ternyata bisa dengan memanfaatkan bawang putih. Hal tersebut sudah dibuktikan oleh penelitian yang dipublikasikan di Journal of Nutritional Biochemistry.

Penelitian yang dilakukan di Ankara University tersebut menemukan bahwa setelah empat bulan penelitian, para responden yang mengkonsumsi sumplemen ekstrak bawang putih mengalami perbaikan profil kolesterol serta penuruan tekanan darah secara signifikan.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Bawang putih juga dapat dimanfaatkan untuk melindungi penderita diabetes dari Kardiomiopati atau penyakit kronis pada otot jantung. Fakta tersebut didapat dari hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry. Penelitian tersebut menyatakan bahwa diallyl trisulfide sebuah komponen yang terdapat dalam minyak bawang putih yang mampu menyehatkan jantung.

  1. Mencegah Flu

Jika kamu sering terkena flu, sebaiknya rutin mengkonsumsi bawang putih. Sebuah studi yang dipublikasikan oleh American Family Physician mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi bawang putih secara rutin mampu membantu mengurangi frekuensi penyakit influenza sekaligus mencegahnya.

  1. Menurunkan Risiko Osteoartritis

Manfaat luar biasa lain dari bawang putih juga adalah mampu mencegah osteoarthritis. Sebuah studi tentang hal tersebut telah dilakukan di King’s College London serta University of East Anglia. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa wanita yang rutin mengkonsumsi bawang putih dalam menu hariannya akan mengalami penurunan risiko osteoarthritis. Osteoarthritis merupakan peradangan sendi yang biasanya berkaitan dengan penuaan.

  1. Mengurangi Risiko Kanker Paru

Jika kamu suka sekali makan bawang putih mentah, maka terus lanjutkan kebiasaan tersebut. Pasalnya menurut riset yang dipublikasikan di Jurnal Cancer Prevention Research mengungkapkan bahwa mengkonsumsi bawang putih mentah berkaitan dengan penurunan risiko kanker paru. Dalam studi yang dilakukan di Jiangsu Provincial Center for Disease Control and Prevention tersebut ditemukan bahwa responden yang mengkonsumsi bawang putih mentah minmal dua kali seminggu akan mengalami menurunakn risiko terkena kanker paru hingga 44 persen.

  1. Mencegah Alzheimer Dan Demensia

Manfaat luar biasa lain dari bawang putih adalah mampu membantu menurunkan berbagai risiko penyakit. Manfaat tersebut bisa didapatkan karena bawang putih mengandung antioksidan. Kandungan tersebut mampu membantu melawan radikal bebas. Dengan menurunkan stress oksidatif didalam tubuh, tidak hanya mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol saja, tetapi juga akan membantu menurunkan risiko penyakit otak seperti Alzheimer dan Demensia.

  1. Memberikan Efek Detoksifikasi

Dan manfaat lain yang luar  biasa dari bawang putih adalah mampu memberikan efek detoksifikasi berkat kandungan sulphur didalamnya. Jika kandungan sulfurnya berdosis tinggi maka dapat menunjukkan efek proteksi atau perlindungan pada organ tubuh dari racun metal yang kemungkinannya ada didalam tubuh.

Selain itu masih ada manfaat luar biasa lainnya dari bawang putih untuk kesehatan yaitu mampu meningkatkan kesehatan tulang.

 

Baca Lainnya

Dinas BUDPARPORA Dukung Surat Edaran Bupati Tentang Penanganan Covid-19 di Barut

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara menutup destinasi wisata di Ibu Kota Muara Teweh...

30 Desember 2020, 23:24 WIB

Tim Satgas Disiplin Protokol Covid-19 Barut Terus Terapkan Prokes

Muara Teweh – Dalam melaksanakan Peraturan Bupati (Perbup) Barito Utara Nomor 39 Tahun 2020 tentang...

28 Desember 2020, 18:13 WIB

Ketua Komisi I dan Ketua Tim Pansus DPRD Anggap Gugus Tugas Covid-19 Bartim Tidak Maksimal

Tamiang Layang – Menanggapi lanjutan rapat kerja bersama antara panitia khusus Corona Virus Desease 2019...

22 Desember 2020, 07:38 WIB

Update Covid-19 Bartim, Hari ini Bertambah 5 Orang, 3 Orang Dinyatakan Sembuh

Tamiang Layang – Hubungan Masyarakat (Humas) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19)...

22 Desember 2020, 00:10 WIB

Tangkal Covid-19, Bowin Hadir Sebagai Inovasi yang Efektif di Masa Pandemi

Kasus pasien positif Covid-19 terus menunjukkan kenaikan yang tak henti setiap harinya. Sampai saat ini,...

21 Desember 2020, 14:00 WIB

Pos TNI AL Bengkalis, KBPPAL Riau dan SAPA Edelweis Menjalin Sinergisitas Membagikan Al Qur’an dan Masker

Bengkalis – dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Pos TNI AL Bengkalis bersama KBPPAL...

14 November 2020, 08:46 WIB

loading...