Selasa, 7 Agustus 2018 - 08:03 WIB

Reje Linge Ingin Kembalikan Kejayaan Negeri

Banda Aceh- Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) yang saat ini sedang berlangsung, telah membuat sejarah Gajah Putih kembali terangkat kepermukaan.

Gajah putih kini menjadi simbol Kodam Iskandar Muda. Semua kisah sejarah ini berasal dari pedalaman Aceh, bumi Gayo, bumi Linge tempat asal muasalnya gajah ini. Reje (raja) Linge memberikan persembahan kepada sultan Aceh berupa seekor gajah perkasa, berwarna putih.

Pada pawai PKA ke -7, Senin (6/8) di Blang Padang Banda Aceh, negeri asal Gajah ini, menyuguhkan parade Gajah Putih yang diiringi 5 ekor kuda. Kejayaan masa lalu itu diulang Aceh Tengah, ketika Reje Linge menyampaikan titah kepada Sultan Aceh.

Salman Yoga, seorang penyair yang juga dosen dipercayakan sebagai reje Linge yang menunggangi gajah menyampaikan titah kepada Sultan. Salman dalam syair yang dibacakanya menukilkan kisah Sultan Alaidin Johansyah ketika menaklukan Putroe Neng (Nio Niang Lingke).

Bagaimana ketulusan dan bersihnya hati Reje Linge mempersembahkan Gajah Putih yang datang dari ranting dan merahnya buah kopi. Reje Linge berharap kesejukan negeri, kedamaian rakyat, serta sehatnya para pemimpin dan yang paling esensial adalah mengembalikan kejayaan negeri ini.

Salman merangkum syair syairnya dari nukilan sejarah itu. Aman Renggali ini, bukan hanya ingin menunjukkan bahwa gambar di bahu kiri TNI yang bertugas di Aceh, asal muasalnya dari Gayo.  Ayah empat anak ini juga menyampaikan, Gajah Putih menjadi roh kekuatan untuk mengembalikan kejayaan negeri.

Alumnus UIN Sumatra Utara ini juga mengirimkan pesan, bagaimana andil Gayo dalam membangun tatanan kerajaan Aceh di masa lalu. Peranan Linge tidak bisa dilupakan dari sejarah Aceh, karena Linge-lah Aceh ini berkibar.

Satu kehormatan diberikan kepada seniman Gayo ini, saat dia menungangi gajah dalam pawai PKA ke 7. Aceh kembali membahas hewan tambun dengan belalai dan gadingnya. Datanglah kau Gajah Putih, negeri Linge memberikan persembahan. Kembalikan kejayaan negeri ini.

Gajah putih rohnya Aceh. Kodam Iskandar Muda sudah menabalkanya bagian dari uniform kesatuan. Persatuan dan kedamaian Aceh ada jiwa kerajaan Linge di dalamnya. Mari kembalikan kejayaan negeri ini.

Artikel ini telah dibaca 310 kali

loading...
Baca Lainnya

Operasi Yustisi, Puluhan Masyarakat Tidak Bermasker Disanksi Polsek Balaraja

TANGERANG – Upaya pendisiplinan masyarakat untuk mematuhi Protokol Kesehatan terkait COVID-19 gencar dilakukan jajaran Polsek...

27 September 2020, 20:33 WIB

Cerita Polsek Balaraja Sanksi 33 Pengendara Tidak Kenakan Masker

TANGERANG – Jajaran Polsek Balaraja Polres Kota Tangerang Polda Banten gencar melaksanakan kegiatan pendisiplinan masyarakat...

27 September 2020, 20:28 WIB

Kapolresta Tangerang Pimpin Operasi Yustisi Malam Minggu, Ini Hasilnya

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi kembali memimpin Operasi Yustisi bersama...

27 September 2020, 20:07 WIB

Datangi Kediaman KH. Uci, Kapolresta Tangerang Pastikan Tidak Ada Penyerangan

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mendatangi kediaman KH. Uci Turtusi...

27 September 2020, 19:56 WIB

PKN Minta Polda Aceh Usut Dugaan Korupsi Pembangunan Jembatan Dusun Durin

Gayo Lues-Polda Provinsi Aceh diminta untuk mengusut dugaan korupsi pembangunan jembatan Dusun Durin, Kecamatan Rikit...

26 September 2020, 12:31 WIB

Bhayangkari Daerah Banten dan Cabang Kota Tangerang Beri Bantuan untuk Anggota Nakes

TANGERANG – Pengurus Bhayangkari Daerah Banten dan Pengurus Bhayangkari Cabang Kota Tangerang memberikan bantuan tali...

25 September 2020, 22:35 WIB

loading...