Rupiah menguat tipis di level Rp14.002/USD

  • Whatsapp
Rupiah/Istimewa

Jakarta – Nilai tukar rupiah berada di level Rp14.002 per dolar AS pada perdagangan pasar spot, Senin (4/11) pagi. Rupiah tercatat menguat 36 poin atau 0,26 persen dibandingkan perdagangan akhir pekan lalu, yang berada di level Rp14.038 per dolar AS.

Pagi hari ini, mayoritas mata uang di kawasan Asia menguat terhadap dolar AS. Won Korea terpantau menguat 0,31 persen, ringgit Malaysia menguat 0,21 persen, dan lira Turki menguat 0,13 persen.

Muat Lebih

Selanjutnya, dolar Singapura menguat 0,05 persen, baht Thailand menguat 0,06 persen. Sementara itu, hanya yen Jepang dan dolar Hong Kong yang melemah sebesar masing-masing 0,03 persen.

Di negara maju, mayoritas nilai tukar juga menguat terhadap dolar AS. Dolar Kanada dan dolar Australia menguat sebesar masing-masing 0,01 dan 0,05 persen. Sementara, pelemahan terjadi pada poundsterling Inggris yang melemah sebesar 0,04 persen, dan euro yang melemah 0,03 persen.

Kepala Riset PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra menilai penguatan rupiah disebabkan oleh sentimen positif dari potensi terjadinya kesepakatan dagang antara AS dan China.

“Ada potensi penguatan nilai tukar rupiah (karena) penandatanganan perjanjian dagang fase 1 AS dan China pada November ini,” kata Ariston dilansir CNNIndonesia.

Pos terkait

loading...