Kisaran – Pemkab Asahan telah menerima secara resmi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2020. DIPA tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan diterima oleh Bupati Asahan H Surya BSc di Medan, Selasa (19/11/2019).

Dikatakan Bupati Asahan H Surya, DIPA berisi alokasi transfer ke daerah dan Dana Desa Tahun Anggaran 2020 totalnya sebesar Rp1,42 triliun. Dengan rincian, untuk dana bagi hasil pajak sebesar Rp56 miliar.

Dana bagi hasil sumber daya alam sebesar Rp1,8 miliar. Dana alokasi umum sebesar Rp923 miliar. Dana transfer khusus fisik sebesar Rp89 miliar. Dana alokasi khusus nonfisik sebesar Rp162 miliar. Dana insentif daerah sebesar Rp40 miliar. Dan dana desa sebesar Rp150 miliar.

Dengan diterimanya DIPA ini ujarnya, maka sumber pembiayaan pembangunan harus dapat dilaksanakan secara maksimal.

“Namun pembangunan tidak akan dapat terlaksana dengan baik tanpa dukungan dari semua komponen di Kabupaten Asahan, baik unsur eksekutif, legislatif, yudikatif serta masyarakat untuk bahu membahu membangun dan mewujudkan Kabupaten Asahan yang religius, sehat, cerdas dan mandiri,”pungkasnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Gubsu menyebutkan agar para Kepala Daerah dan Satker Kementerian Lembaga penerima DIPA agar dapat mengalokasikannya untuk kegiatan pembangunan yang memiliki manfaat bagi daerah masing-masing.

“Ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan. Sumut ini milik kita bersama, siapapun yang bertugas di provinsi ini, dia harus berfikir untuk Sumatera Utara. Ada TNI AD, AU, AL, Polri, Kejaksaan dan semua instansi juga harus berfikir sama, sehingga rakyat ini sejahtera,” ujar Edy .

Khususnya kepada Bupati dan Walikota se-Sumut yang menerima DIPA dari dana APBN 2020, Gubsu berpesan disamping Alokasi anggarannya harus bermanfat bagi rakyat, juga tepat sasaran, dan dikerjakan secara berjenjang oleh petugas lapangan yang kompeten serta hindari praktek mark-up atau korupsi.

“Jangan main-main dengan Anggaran, lakukan pengawasan dan evaluasi, agar pelaksanaan Pembangunan di Sumatera utara bisa berjalan sesuai yang direncanakan,”pesan Edy. (Jamal)