Diikuti 14 Etnis, Gubsu Buka PSBD Asahan ke IV Tahun 2019

  • Whatsapp

Kisaran – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi membuka secara resmi pagelaran seni budaya daerah (PSBD) Kabupaten Asahan tahun 2019, Kamis (21/11/2019) Jalan Terminal Madya Kisaran.

Gubsu dalam sambutnya berharap PSBD Kabupaten Asahan dapat dijadikan ruang untuk bersilaturahmi dan ruang mengembangkan serta meningkatkan seni daerah.

Edy pun sangat mengapresiasi serta mengucapkan selamat kepada Kabupaten Asahan yang memiliki agenda rutin pagelaran seni budaya daerah.

“Provinsi tidak ada acara ini, namun Asahan ada. Maka itu kita saling mengisi, saya akan selalu berada di acara begini,” ungkap Edy saat membuka acara tersebut.

Gubsu juga berharap kegiatan seni budaya yang menampilkan 14 etnis di Asahan ini bisa terus di evaluasi agar kedepan kegiatan bisa memberikan edukasi kepada generasi muda untuk lebih memahami sejarah budaya.

Mantan Pangkostrad ini juga mengajak semua lapisan masyarakat untuk bangga dengan budaya di Indonesian yang cukup banyak, tapi bisa terus bersatu dalam NKRI.

”Saya yakin Bupati Asahan bisa menjaga keutuhan negara ini, khususnya Asahan,” ucap Gubsu.

Sementara itu, Bupati Asahan, H Surya Bsc mengucapkan terimakasih kepada 14 etnis yang bersama telah mensukseskan kegiatan seni budaya tersebut.

“Saya berharap semua etnis bisa terus melakukan pembinaan budaya untuk melestarikan budaya kearifan lokal,”ucap Surya.

Kegiatan dirangkai dengan kunjungan Gubsu dan Bupati serta Forkopinda Asahan dan undangan ke rumah etnis dan penampilan tarian kolosal dalam kegiatan PSBD tersebut.

Ada 14 Etnis yang meramaikan kegiatan yakni, etnis Minang, Tapsel, Batak Toba, Nias, Sunda, Karo, india serumpun, Aceh, Tionghoa, Banjar, Jawa, Melayu, Pakpak, dan Simalunggun.

Sebelumnya kegiatan diwarnai dengan parade 14 mobil hias etnis meriahkan pembukaan Pagelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) Asahan tahunn 2019. Mobil hias masing-masing etnis menampilkan rumah adat dan pakai adat mengelilingi kota Kisaran. (Jamal)

Pos terkait