NTT  

Langkah Maju Pasca Imbauan Bupati Simon, Bunda PAUD Malaka dan Dinas Dikbud Persiapkan Akreditasi PAUD Holistik Integratif

Malaka, NTT, deliknews – Imbauan Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH.MH terkait proses akreditasi sekolah untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM) mulai memperoleh langkah maju.

Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Malaka, Ny. drg. Maria Martina Nahak, M.Biomed dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) mulai eksen dalam mempersiapkan proses dan tahapan akreditasi PAUD Holistik Integratif (HI).

Ny. Maria Martina dalam arahannya saat Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Bunda PAUD Tingkat Kecamatan dan Desa di Sekretariat Bunda PAUD Malaka Weleun, Sabtu (24/9/2022) mengatakan Kabupaten Malaka memiliki 146 PAUD yang tersebar di 12 kecamatan. Namun, dari jumlah itu belum ada yang terakreditasi sebagai PAUD HI.

Karena itu, kata Ny. Maria Martina harus dipersiapkan proses akreditasi tersebut melalui Bimtek Peningkatan Kapasitas Bunda PAUD Tingkat Kecamatan dan Desa yang dilaksanakan saat ini. Bimtek ini dilaksanakan untuk mempersiapkan data, pelaporan dan dokumen administrasi lain dalam rangka pelaksanaan akreditasi PAUD HI.

Menurutnya, proses dan tahapan akreditasi satu unit PAUD itu tidak begitu sulit. Yang terpenting, disiplin diri baik soal menyiapkan dokumen, layanan pendidikan dan aspek lain yang berkaitan dengan pemenuhan syarat akreditasi sebuah unit PAUD HI.

“Sehingga, harus ada kerja sama dalam saling berbagi informasi dan pengalaman. Jangan pelit informasi,” lanjut Ny. Maria Martina menjelaskan sisi lain pentingnya bimtek tersebut.

Selain itu, Ny, Maria Martina juga menjelaskan alasan dan tujuan kerja keras sebagai Bunda PAUD Malaka bersama tim. Malaka harus punya PAUD HI. Ini penting untuk peningkatan mutu SDM. PAUD itu modal bangsa dalam mempersiapkan SDM. Anak usia dini harus dibekali kemampuan intelektual dan diperhatikan karena usia emas. Sehingga, anak harus dibekali kemampuannya dengan hal-hal yang berguna.

Sekretaris Dinas Dikbud Malaka, Marselina Klau, S.Ip mengapresiasi undangan Bunda PAUD Kabupaten Malaka dalam pelaksanaan kegiatan Bimtek tersebut.

Dikatakan, proses akreditasi PAUD perlu membutuhkan kerja sama semua pihak. Dinas siap memfasilitasi persiapan dokumen administrasi dalam rangka akreditasi PAUD HI.

Dalam Bimtek yang melibatkan juga Yayasan Karunia Pengembangan Anak, Marselina menuturkan Dinas terlibat dalam pemenuhan syarat atau kriteria akreditasi berdasarkan delapan Standar Nasional Pendidikan.

Sementara itu kegiatan Bunda PAUD Kabupaten Malaka dan tim sudah berjalan selama ini dan telah mempersiapkan lima PAUD untuk diakreditasi menjadi PAUD HI yakni TK Santa Elisabeth Numponi di Kecamatab Malaka Timur, PAUD Beringin Jaya Welaus dan PAUD Mawar Indah di Kecamatan Kobalima, PAUD Sinar Kasih Sukabilaran di Kecamatan Malaka Barat. Sedangkan PAUD Marselinus di Kecamatan Wewiku yang akan diajukan untuk beberapa waktu mendatang.(Dami Atok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *