NTT  

Plt Kadis Dikbud Malaka: Pengawas Pantau Langsung KBM Sekolah

Malaka, NTT, deliknews – Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Malaka, Januarius Boko Nahak, S.Fil.,M.Sc mengatakan para pengawas harus memantau secara langsung kegiatan belajar mengajar (KBM) yang berjalan di sekolah.

Pernyataan itu disampaikan Januarius kepada wartawan sesaat setelah bertemu beberapa pengawas pasca beberapa hari dirinya bertugas di Kantor Dinas Dikbud Malaka, akhir pekan ini.

“Bila perlu pengawas pantau langsung kegiatan belajar mengajar. Bagaimana prosesnya dan evaluasi bahan ajar itu. Dulu, kami rasakan begitu. Saat itu, para guru dan kepala sekolah begitu segan dengan penilik (red, pengawas) karena langsung di dalam kelas untuk pantau,” kata Januarius mengingatkan peran pengawas dalam pengalaman masa lalu.

Januarius juga mengimbau agar para pengawas fokus menjalankan tugasnya, karena banyak kepentingan di setiap satuan pendidikan. “Bagaimana dengan disiplinnya. KBM berjalan atau tidak. Pelaporan dan evaluasinya. Ini pengawas harus kawal betul. Karena, pengawas itu perpanjangan tangan Dinas di sekolah-sekolah,” jelas Januarius.

Ditegaskan, dari pengawasan itu dapat diperoleh sejumlah informasi dan masukan bagi Dinas untuk melakukan pembenahan dan memberi solusi jika terjadi suatu masalah. Untuk itu, Januarius akan menjadwalkan waktu pertemuan bersama semua pengawas dalam beberapa waktu mendatang.(Dami Atok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *