NTT  

Bunda PAUD Malaka : Jangan Beri HP Ketika Anak Menangis

Malaka, NTT, deliknwes- Adanya pengalaman anak yang rewel dan menangis baik di rumah maupun sekolah tentu membutuhkan perhatian orang tua dan guru. Orang tua dan guru diimbau agar memilih metode pendampingan anak yang tepat, karena anak usia dini sebagai usia emas yang membutuhkan perhatian untuk menciptakan generasi emas pula di masa yang akan datang.

“Jangan beri HP (handphone) kalau anak menangis. Karena, kita tidak tahu apa isi di dalam HP yang ditonton anak-anak,” kata Bunda PAUD Kabupaten Malaka, Ny. drg. Maria Martina Nahak, M. Biomed dalam materi belajar bersama dalam kegiatan Diklat Berjenjang Tingkat Lanjut Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) yang berlangsung di Hotel Cinta Damai Betun, Kamis (24/11/2022).

Ny. Maria Martina mengemukakan pentingnya pendidikan anak usia dini (PAUD). Anak usia dini sebagai umur emas harus diberi perhatian karena menjalani masa pembentukan sel otak yang cepat hingga anak berumur lima tahun. Karena itu, anak diberi pengalaman dan pembinaan karakter yang tepat.

Dikatakan, orang tua atau pun perlu menghindari kekerasan dalam pendidikan anak. Anak yang dididik dengan cara kekerasan akan membuat anak bertumbuh juga dalam kekerasan. “Ibu-ibu pengelola PAUD harus sabar dan gembira dalam mendidik anak-anak,” kata Ny. Maria Martina yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Malaka.

Terkait pendidikan anak usia dini, safari Bunda PAUD telah dilakukan terhadap PAUD di desa-desa. “Ada beberapa PAUD yang belum kita jangkau. Tapi, kita usahakan untuk dijangkau untuk beri motivasi dan penguatan,” pintanya sambil berharap agar pengelola PAUD juga menjalin kerja sama dengan instansi terkait seperti Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan Dinas Keluarga Berencana dalam pendidikan dan peningkatan gizi anak.

Selanjutnya, Ny Maria Martina mengatakan pengembangan PAUD membutuhkan kerja sama dengan pemerintah, lembaga sosial masyarakat dan pihak terkait untuk meningkatkan kualitas. Pihaknya juga terus berupaya agar Kabupaten Malaka dapat memiliki PAUD Holistik Integratif untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Malaka.(Dami Atok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *