Malaka, NTT, deliknews – Kartu Malaka Cerdas (KMC), Sakti, salah satu program prioritas kepemimpinan Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH. MH dan Wakil Bupati, Louise Lucky Taolin, S.Sos yang selalu di suarakan melalui kampaye paket SAKTI dengan Tagline SN-KT.

Sesuai janji kampanye paket Sakti dengan Tagline SN-KT, siap memberikan Bantuan Langsung Tunai(BLT) melalui Kartu Malaka Cerdas(KMC) Sakti. Maka pada tahun 2021, diterbitkan 500 Kartu Malaka Cerdas (KMC) Sakti.

Tidak terlepas dari janji Kampanye tersebut, maka Bantuan Langsung Tunai(BLT) terus bergulir. Dengan demikian, tahun 2022, Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH. MH, kembali meresmikan 333, Kartu Malaka Cerdas (KMC) Sakti, yang diterbitkannya melalui BPKPD Kabupaten Malaka.

Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH. MH, menyatakan peresmian pengumuman Kartu Malaka Cerdas(KMC) Sakti 2022 hari ini, seshunggunya sudah disampaikan ke masyarakat Kabupaten Malaka seluruhnya melalui kampanye Paket Sakti dengan Tagline SN-KT. Ungkap Bupati, Simon, Rabu(28/12/2022) di Aula Kantor Bupati Malaka.

” Program; Kartu Malaka Cerdas (KMC) Sakti, yang diprogram oleh saya bersama Wakil Bupati Malaka, Louise Luky Taolin, S. Sos, yang sering disebut Kim Taolin itu sebenarnya sudah terukur. Lantaran, filosofi bagi dunia pendidikan digunakan untuk membangun teori manusia disajikan sebagai keyakinannya itu, bagaimana orang harus Cerdas,” ujar Bupati Simon.

Lanjut Bupati Simon, “Hal yang ada dalam filosofi Ilmu, memuat suatu hal yang digunakan untuk membangun teori bagi keyakinan manusia cerdas itu sebenarnya, bagaimana orang mengkaloborasikan sesutu untuk digunakan, melainkan dimamfaat dan atau dibutuhkannya,”

“Hal itulah dikatakan cerdas. Sebab kalau dikatan pintar, tetapi kalau tidak cerdas, tentu saja belum cukup. Jadi program Sakti telah terukur. Selama ini, ada perkembangan isunya, bahwa sudah ada Kartu Indonesia Pintar(KIP), terus kenapa ada lagi Kartu Malaka Cerdas(KMC)?” ucap Bupati Simon, sambil meniru kata tanya dalam perkembangan Isu tersebut.

Masih tempat yang sama, Kepala BPKPD Kabupaten Malaka Aloysius Werang S.H.,MM melaporkan Kartu Malaka Cerdas (KMC) Sakti, semenjak tahun 2021 hingga tahun 2022, telah menerbitkan 833 Kartu Malaka Cerdas(KMC).

Laporannya; “untuk KMC tahun anggaran 2022, Seri A diberikan kepada pelajar SMA- SMK yang berprestasi secara akademik juara umum 1, 2 dan 3 di Sekolah bukan juara di Kelas, dan juga prestasi Non Akademik. Kemudian, Seri B untuk Mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir yang secara ekonomi kurang mampu,”

“Ada dua kategori Seri A 160 untuk Siswa dan Seri B 230 untuk Mahasiswa, dan untuk tahun 2022 jumlah pemohon sebanyak 690 terdiri dari S1 681orang, S2 4 orang, dan D3 5 orang,”

” Laporan dibacakan oleh BPKPD Kabapaten Malaka, Aloysius Werang, SH. MM, Rabu ( 28/12/2022), saat peresmian penggumaman Katu Malaka Cerdas(KMC) Sakti 2022, oleh Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH. MH di Kantor Bupati Malaka.

Lanjut Aloysius Werang, SH. MM, hasil verifikasi faktual di lapangan itu sudah di lakukan oleh tim survei untuk mengetahui yang bersangkutan betul-betul sesuai dengan permohonan yang diajukan.

” Verifikasi faktual itu juga untuk memastikan secara ekonomi selain ke rumah pemohon, juga lakukan verifikasi faktual ke Kampus yang bersangkutan untuk mengetahui mahasiswa tersebut betul-betul masih aktif dan sedang menyelesaikan tugas akhir,” tutup Aloysius.(Dami Atok)