Malaka, NTT, deliknews – Dinas Komunikasi dan Informatika melakukan kegiatan pendampingan pembuatan Website Desa, sebagai salah satu upaya menampilkan informasi tentang keberadaan sebuah desa secara online.

kegiatan pendampingan dan pelatihan pembuatan Website Desa di Desa Umalor, Senin ( 29/4/2024) merupakan salah satu bentuk untuk menampilkan wajah pemerintahan di desa, publikasi kegiatan, data statistik dan potensi yang dimiliki sebuah desa.

Rilis yang diterima media ini, Selasa (30/4/2024) ” Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malaka melalui Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, Herminus Klau pada kesempatan Pembukaan Kegiatan Pelatihan Pembuatan Website Desa,” berlangsung di Aula Kantor Desa Umalor, Senin, 29 April 2024.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, Herminus Klau, mengatakan Pemerintah Kabupaten Malaka dalam melaksanakan program dan kegiatannya selalu menekankan pentingnya era digitalisasi. Ungkapnya.

“Oleh karena itu kami turun langsung ke desa untuk memberikan pendampingan dan pembuatan website desa, yang nantinya akan menampilkan wajah sebuah desa beserta potensi, struktur dan infrastruktur yang ada di dalamnya,” tandas Kabid PIKP.

Dirinya juga mengatakan bahwa tuntutan zaman saat ini, harus membawa setiap orang untuk masuk ke dalamnya, sehingga informasi sekecil apapun sangat penting untuk diketahui yang diamanatkan dalam UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Sementara itu, Kepala Desa Umalor, Kecamatan Malaka Barat, Elfiyanti Bria pada kesempatan yang sama mengaku bahwa dirinya merasa sangat penting dan bermanfaat jika dalam pemerintahan desa, adanya sebuah website desa yang menampung informasi tentang sebuah desa.

“Saya melihat dan membaca tentang desa-desa di daerah lain yang memanfaatkan website desa untuk kepentingan masyarakat. Makanya saya berinisiatif bersama perangkat desa untuk melakukan kegiatan tersebut,”

“Kami merasa bahwa kegiatan ini sangat penting karena sekarang informasi sangat menguasai kehidupan manusia. Oleh karenanya, pendampingan pembuatan website desa menjadi sesuatu yang urgent,” kata salah satu Kepala Desa perempuan di wilayah Kecamatan Malaka Barat ini.

Kegiatan pembuatan Website Desa Umalor dihadiri Perangkat Desa dan Admin Pengelola.
Materi-materi yang diberikan antara lain tentang pentingnya Website Desa, Pentingnya Informasi Melalui Berita dan Foto serta Praktek Pembuatan Website dan Pengisian Biodata dan Struktur Desa Umalor.(Dami Atok)