Asahan

427 Jamaah Haji Kabupaten Asahan Akan Berangkat Ketanah Suci

Kisaran – Pemerintah Kabupaten Asahan membuka secara resmi manasik haji di Gedung Tahfiz Quran Masjid Agung Ahmad Bakri Kisaran, Rabu (4/7).

Dalam pembukaan ini hadir Wakil Bupati Asahan, Kakankamenag, Kapolres Asahan, Dandim 0208 Asahan, Ketua Pengadilan Negeri Kisaran, Ketua MUI Kabupaten Asahan dan OPD.

Selaku Ketua Panitia pelaksana Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Asahan Hayatsyah melaporkan bahwa jumlah Jamaah Haji Kabupaten Asahan pada tahun 1439 H atau 2018 M 427 orang dan Jamaah Haji Kabupaten Asahan terbagi menjadi 2 Gelombang.

Gelombang Pertama Kloter 2 yang akan berangkat berjumlah 388 Jamaah pada tanggal 23 Juli 2018 dan gelombang 2 Kloter 9 yang akan berangkat berjumlah 39 jamaah pada tanggal 31Juli 2018 dari bandara Kuala Namu Internasional Air Port (KNIA) menuju Bandara Madinah.

“Dan pada tahun ini Kementerian Agama telah melakukan inovasi penyelenggaraan ibadah haji diantaranya percepatan keimigrasian, QR Qode pada gelang jamaah, Akomodasi, Bumbu masakan Indonesia agar menjaga citra rasa khas kuliner Indonesia, Penambahan katering Makkah yang sebelumnya hanya 25 kali tahun ini menjadi 40 kali dan dana Living Cost sebesar SAR 1500 tetap diberikan sebagaimana biasa sehingga bisa digunakan untuk keperluan lainnya, Tanda Paspor dan Koper, Pengalihan Porsi bagi jamaah wafat kepada Ahli Waris, yang sebelumnya porsi jamaah wafat tidak bisa digantikan sehingga uangnya ditarik kembali keahli waris, Visa Print Kertas, Konsultasi Ibadah dan P3JH “ujar Hayatsyah.

Kakankemenag juga melaporkan dari 427 orang jamaah haji Kabupaten Asahan yang berangkat jamaah haji tertua berumur 88 Tahun bernama An. Nurhayati Kongah Marpaung berasal dari Kecamatan Air Joman dan jamaah haji termuda 20 tahun bernama An. Rizky Nurita Maylinda berasal dari Kecamatan Kisaran Timur.

Pada kesempatan ini Wakil Bupati Asahan H Surya Bsc membacakan pidato tertulis Bupati Asahan yang mengatakan agar seluruh jamaah haji Kabupaten Asahan untuk mengikuti bimbingan manasik haji dengan sungguh-sungguh, disertai disiplin yang tinggi karena bimbingan manasik haji merupakan kegiatan rutin Pemerintah Kabupaten Asahan dalam memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan bagi jamaah, baik menjelang pemberangkatan, pada saat pelaksanaan hingga kembali kedaerah asal nanti.

“Saya berharap agar seluruh calon haji sungguh-sungguh mengikuti bimbingan, rajin membaca, mempelajari materi, agar pengetahuan tentang ibadah haji terus bertambah, sehingga nantinya mendapat predikat haji mabrur,”ujarnya.

Diakhir pidatonya Wakil Bupati Asahan berpesan kepada jamaah calon haji Kabupaten Asahan yang telah siap berangkat ketanah suci makkah, dapat mengkondisikan diri untuk meningkatkan kesabaran dan menata niat secara tulus guna mendapatkan ridho dari Allah SWT, berdisiplin mengatur waktu sebaik-baiknya, berupaya menjaga kesehatan dengan mengatur makan, minum dan istirahat yang cukup. (Ginda)

loading...

Related Articles