Rabu, 18 Juli 2018 - 20:45 WIB

Gerakan Tanam Cabai Sebagai Upaya Ketahanan Pangan

Kisaran – Untuk meningkatkan gerakan menanam tanaman pangan diseluruh wilayah kabupaten, kecamatan sampai ke desa, maka Tim Penggerak PKK bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan mencanangkan Gerakan Tanam (Gertam) cabai, Rabu (18/7) di Kecamatan Pulo Bandring, tepatnya di Desa Tanah Rakyat.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Asahan H Surya BSc, Ketua TP PKK Asahan Hj Winda Fitrika Taufan Gama, Kepala Perwakilan BI Pematang Siantar Elly Tjan, Asisten II Ekbang, OPD, Camat Pulo Bandring M Nasir Siregar, Kades serta undangan lainnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan kabupaten Asahan Amir Husin Siregar menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini, agar terpenuhi kebutuhan bahan pangan pokok salah satunya adalah cabai di setiap rumah tangga.

Dan untuk itu perlu pemanfaatan pekarangan rumah untuk dijadikan sumber pangan pokok sehat dan bergizi, serta terwujudnya halaman rumah yang asri, teratur, indah dan nyaman.

“Pada kegiatan ini, kita juga melakukan penyerahan berupa bibit cabai sebanyak 20.900 polybag dengan rincian Desa Tanah Rakyat sebanyak 16.000 polybag, Desa Sukadamai 3.250 polybag dan Desa Sukadamai Barat sebanyak 1.650 polybag,”ungkap Amir Husin ditemui disela-sela acara.

Sementara itu Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Hj Winda Fitrika Taufan Gama mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan karena harga bahan pangan salah satunya cabai selalu melonjak tinggi.

Sehingga kata Hj Winda, pemerintah pusat, provinsi dan daerah menganjurkan supaya masyarakat dapat melakukan hal kecil seperti penanaman cabai di pekarangan rumah.

“Dan mari bersama-sama kita kembangkan dan lakukan niat dari kabupaten kita sendiri agar kita bisa menanam tanaman dapur tidak hanya cabai tetapi sayur mayur juga agar kita tidak membeli lagi di warung,” ajak istri orang nomor satu di kabupaten Asahan ini.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Asahan H Surya BSc mengatakan harapannya, bersama Dinas ketahanan pangan dan PKK gerakan ini harus diteruskan sampai ketingkat kecamatan dan tingkat desa diseluruh wilayah Kabupaten Asahan.

“Semoga semua ini dapat terencana sesuai target yang diinginkan dan dapat bergerak dengan nyata karena, gerakan ini sangat simpel, mudah dan bermanfaat,” harap Surya optimis diakhir sambutannya. (Jamal)

Artikel ini telah dibaca 188 kali

loading...
Baca Lainnya

Bupati Asahan VidCon Dengan Presdir Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia

KISARAN – Bupati Asahan didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan serta Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan...

28 Mei 2020, 10:44 WIB

Bupati VidCon dengan Presdir Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia

KISARAN – Bupati Asahan didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan serta Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan...

28 Mei 2020, 10:35 WIB

Disdukcapil Asahan Serahkan 275 Keping KTP Pemula di 2 Kecamatan

KISARAN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Asahan menyerahkan sebanyak 275 keping Kartu...

28 Mei 2020, 10:26 WIB

Bupati Asahan Sidak Disdukcapil Tinjau Kesiapan Pelayanan Administrasi Kependudukan

KISARAN – Bupati Asahan H Surya BSc memastikan kinerja beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tetap...

27 Mei 2020, 10:45 WIB

Bupati Surya Tinjau Penyaluran Bantuan Sembako Provinsi Sumut

KISARAN – Bupati Asahan H Surya BSc didampingi Asisten I Pemerintahan, Asisten II Ekbang, Kepala...

27 Mei 2020, 08:54 WIB

Camat Kisbar Salurkan Bantuan Propinsi di Kelurahan Mekar Baru

KISARAN – Terkait wabah Covid-19 yang melanda di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan...

21 Mei 2020, 09:01 WIB

loading...