Kisaran – Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP melepas keberangkatan 385 calon haji asal Kabupaten Asahan, yang tergabung pada Kelompok Terbang 2, Minggu (22/7) di Gedung Tahfidz Quran Masjid Agung Ahmad Bakrie Kisaran.

Rombongan tersebut merupakan gelombang pertama kelompok terbang kedua dari Kabupaten Asahan yang dilepas langsung oleh Bupati, bersama Wakil Bupati, Komandan Kodim 0208/Asahan, FKPD, Sekda dan Ketua TP PKK setempat.

Kasubag Tata Usaha Kantor Kemenag Asahan, H Mahmuddin mengatakan bahwa jumlah calon haji dari daerah ini sebanyak 385 orang, terdiri dari 153 orang laki-laki dan 232 orang perempuan ditambah 5 petugas haji.

“Jemaah haji Asahan yang berangkat di gelombang pertama kloter 2 sebanyak 385 orang. Jemaah tertua Nurhayati Kongah Marpaung umur 88 tahun dan termuda Rizky Nurlita Maylinda umur 20 tahun,” katanya.

Dalam pelepasan tersebut, Bupati Taufan Gama berpesan pada para jamaah untuk menjaga kondisi kesehatan ketika di Tanah Suci agar dapat melaksanakan ibadah haji sebaik mungkin dan ketika pulang menjadi haji yang mabrur.

Bupati Asahan juga meminta jemaah haji saat melaksanakan ibadah haji di Mekah harus menjalin kekompakan. Karena dengan kompak, jemaah bisa saling bertanya dan membantu sehingga jemaah bisa melaksanakan ibadah haji dengan baik.

“Kepada jemaah agar mudah menjalankan rukun Islam kelima, di antaranya jangan merasa yang lebih mengerti dan paham serta hebat tentang ibadah haji. Kemudian, bagi jemaah yang masih muda, jangan merasa paling kuat menjalankan ibadah, jaga nama baik Pemkab Asahan dan doakan daerah Asahan dengan baik,”pesan Bupati. (Jamal)