Rabu, 7 Agustus 2019 - 09:49 WIB

Plt Bupati Asahan Serahkan Bantuan Bagi 632 Rumah Tak Layak Huni

Kisaran – Plt Bupati Asahan H Surya BSc melaunching Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Kabupaten Asahan Tahun 2019.

Didampingi Kepala Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Asahan, Plt Bupati melakukan peletakan batu pertama pada salah satu rumah warga di Desa Sei Kamah II, Kecamatan Sei Dadap, Selasa (6/8/2019).

Plt Bupati Asahan mengatakan peningkatan infrastruktur terutama penyediaan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah merupakan salah satu program strategis Kabupaten Asahan dalam mewujudkan Asahan religius, sehat, cerdas dan mandiri.

Lebih lanjut Surya membeberkan, sebagai upaya pemenuhan kebutuhan dan peningkatan kualitas perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah, Pemkab Asahan menyampaikan usulan kepada Kementerian PU-PERA.

“Alhamdulillah Tahun 2019 ini Kabupaten Asahan mendapatkan alokasi bantuan rumah swadaya sebanyak 632 unit peningkatan rumah layak huni yang tersebar di Kecamatan Air Batu, Kecamatan Sei Dadap, Kecamatan Bandar Pulau, Kecamatan Teluk Dalam, Pulau Rakyat, Rawang Panca Arga dan Kecamatan Sei Kepayang ,” kata Surya.

Orang nomor satu di Bumi Rambate Rata Raya ini sangat menyambut baik pelaksanaan program BSPS ini.

“Karena program ini pembangunannya dilaksanakan secara swadaya diharapkan kepada semua pihak yang terlibat dapat bekerja sama dengan baik, amanah serta penuh tanggung jawab sehingga tujuan untuk menciptakan rumah yang layak huni dan peningkatan kesejahteraan serta taraf hidup masyarakat dapat terlaksana,” lanjut Surya.

Tahun 2013 sampai tahun 2014, lanjut Surya Pemkab Asahan sudah menangani rumah tidak layak huni, dimana Pemkab Asahan melalui Dinas Sosial yang saat itu sebagai pelaksananya telah menerima sebanyak 819 unit.

Kemudian sejak adanya OPD Dinas Perkim menyampaikan usulan untuk program BSPS dan diverifikasi oleh tim dari Kementerian sehingga dapat terealisasikan sampai sekarang.

“Tahun 2017 Pemkab Asahan mendapatkan bantuan sebanyak 247 unit di 4 Kecamatan, dan Tahun 2018 kita terima sebanyak 537 unit di 9 Kecamatan dan 24 Desa,”tutup Surya.

Kadis Perumahan Dan Kawasan Permukiman Asahan, M Azmy Ismail menjelaskan program BSPS ini pelaksanaan pembangunannya dilakukan oleh masyarakat sendiri yang membentuk kelompok secara swadaya dan didampingi oleh tim fasilitator serta tim teknis kabupaten.

“Tahun ini tersebar 207 Unit di Kecamatan Air Batu, 185 Unit di Kec. Sei Dadap, 80 Unit di Kec. Bandar Pulau, 60 Unit di Kec. Teluk Dalam, 25 unit di Kec. Pulau Rakyat. Dan 35 unit untuk Kec. Rawang Panca Arga, serta 40 unit di Kecamatan Sei Kepayang,” jelas Azmy.

Acara penyerahan dan pencanangan bantuan BSPS yang di pusatkan di Desa Sei Kamah II, Kecamatan Sei Dadap ini turut dihadiri oleh Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Provsu Naimul Ahmad Rangkuti, Pimpinan Bank Mandiri Kisaran Dewi Riana, sejumlah OPD, Camat, Kepala Desa se-Kecamatan Sei Dasap dan tokoh masyarakat setempat. (Jamal)

Artikel ini telah dibaca 585 kali

loading...
Baca Lainnya

Bupati Asahan VidCon Dengan Presdir Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia

KISARAN – Bupati Asahan didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan serta Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan...

28 Mei 2020, 10:44 WIB

Bupati VidCon dengan Presdir Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia

KISARAN – Bupati Asahan didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan serta Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan...

28 Mei 2020, 10:35 WIB

Disdukcapil Asahan Serahkan 275 Keping KTP Pemula di 2 Kecamatan

KISARAN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Asahan menyerahkan sebanyak 275 keping Kartu...

28 Mei 2020, 10:26 WIB

Bupati Asahan Sidak Disdukcapil Tinjau Kesiapan Pelayanan Administrasi Kependudukan

KISARAN – Bupati Asahan H Surya BSc memastikan kinerja beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tetap...

27 Mei 2020, 10:45 WIB

Bupati Surya Tinjau Penyaluran Bantuan Sembako Provinsi Sumut

KISARAN – Bupati Asahan H Surya BSc didampingi Asisten I Pemerintahan, Asisten II Ekbang, Kepala...

27 Mei 2020, 08:54 WIB

Camat Kisbar Salurkan Bantuan Propinsi di Kelurahan Mekar Baru

KISARAN – Terkait wabah Covid-19 yang melanda di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan...

21 Mei 2020, 09:01 WIB

loading...