Kamis, 15 Agustus 2019 - 19:46 WIB

Disdukcapil Asahan Serahkan 727 KIA Perdana Kepada Pelajar SMP

Kisaran – Sebanyak 727 pelajar SMP Negeri 3 dan SMP Negeri 2 Kisaran menerima perdana kartu indentitas anak (KIA) yang diserahkan pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Asahan.

“KIA ini penting sebagai identitas diri yang sah dan juga berfungsi untuk kebutuhan sekolah, keimigrasian, hingga urusan pelayanan kesehatan. Kami terus melakukan sosialisasi dan jemput bola dan akan kunjungi langsung sejumlah sekolah untuk mendapatkan indentitas anak, “kata Kadis Dukcapil Asahan, Supriyanto, Kamis (15/8/2019).

Supriyanto menjelaskan, pembuatan KIA bertujuan untuk menyukseskan program pemerintah tentang menerbitkan KIA, agar ke depan anak-anak Indonesia memiliki identitas yang sah.

Dengan adanya KIA anak Indonesia bisa mempergunakan kartu tersebut sebagai persyaratan mendaftar sekolah, pelayanan kesehatan dan persyaratan lainnya.

“KIA ditujukan sebagai upaya untuk memenuhi hak anak,” ungkap Supriyanto sembari mengatakan untuk saat ini masih memproritaskan tingkat SD dan SMP.

Dia menyampaikan untuk mengurus KIA ini tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Warga cukup membawa salinan kartu keluarga, KTP kedua orang tua, dan akta lahir anak. Selain itu, juga dibutuhkan foto anak untuk yang berusia lima sampai 16 tahun. Sedangkan bagi anak yang berusia 0 hingga lima tahun tidak perlu menggunakan foto.

Untuk menerbitkan KIA, Supriyanto mengatakan, pihaknya akan menjadwalkan kunjungan kesekolah untuk menjemput persyaratan berupa akte kelahiran, kartu keluarga dan foto.

“Untuk sementara kita proritaskan tingkat SD dan SMP sederajat,”sebut Supriyanto, sembari mengatakan latar belakang foto juga disesuaikan dengan tahun kelahiran, untuk anak yang lahir di tahun genap menggunakan background biru. Sedangkan untuk anak yang lahir di tahun ganjil menggunakan background merah. (Jamal)

Artikel ini telah dibaca 257 kali

loading...
Baca Lainnya

Bupati Asahan VidCon Dengan Presdir Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia

KISARAN – Bupati Asahan didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan serta Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan...

28 Mei 2020, 10:44 WIB

Bupati VidCon dengan Presdir Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia

KISARAN – Bupati Asahan didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan serta Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan...

28 Mei 2020, 10:35 WIB

Disdukcapil Asahan Serahkan 275 Keping KTP Pemula di 2 Kecamatan

KISARAN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Asahan menyerahkan sebanyak 275 keping Kartu...

28 Mei 2020, 10:26 WIB

Bupati Asahan Sidak Disdukcapil Tinjau Kesiapan Pelayanan Administrasi Kependudukan

KISARAN – Bupati Asahan H Surya BSc memastikan kinerja beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tetap...

27 Mei 2020, 10:45 WIB

Bupati Surya Tinjau Penyaluran Bantuan Sembako Provinsi Sumut

KISARAN – Bupati Asahan H Surya BSc didampingi Asisten I Pemerintahan, Asisten II Ekbang, Kepala...

27 Mei 2020, 08:54 WIB

Camat Kisbar Salurkan Bantuan Propinsi di Kelurahan Mekar Baru

KISARAN – Terkait wabah Covid-19 yang melanda di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan...

21 Mei 2020, 09:01 WIB

loading...