Disdukcapil Asahan Serahkan 727 KIA Perdana Kepada Pelajar SMP

  • Whatsapp

Kisaran – Sebanyak 727 pelajar SMP Negeri 3 dan SMP Negeri 2 Kisaran menerima perdana kartu indentitas anak (KIA) yang diserahkan pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Asahan.

“KIA ini penting sebagai identitas diri yang sah dan juga berfungsi untuk kebutuhan sekolah, keimigrasian, hingga urusan pelayanan kesehatan. Kami terus melakukan sosialisasi dan jemput bola dan akan kunjungi langsung sejumlah sekolah untuk mendapatkan indentitas anak, “kata Kadis Dukcapil Asahan, Supriyanto, Kamis (15/8/2019).

Supriyanto menjelaskan, pembuatan KIA bertujuan untuk menyukseskan program pemerintah tentang menerbitkan KIA, agar ke depan anak-anak Indonesia memiliki identitas yang sah.

Dengan adanya KIA anak Indonesia bisa mempergunakan kartu tersebut sebagai persyaratan mendaftar sekolah, pelayanan kesehatan dan persyaratan lainnya.

“KIA ditujukan sebagai upaya untuk memenuhi hak anak,” ungkap Supriyanto sembari mengatakan untuk saat ini masih memproritaskan tingkat SD dan SMP.

Dia menyampaikan untuk mengurus KIA ini tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Warga cukup membawa salinan kartu keluarga, KTP kedua orang tua, dan akta lahir anak. Selain itu, juga dibutuhkan foto anak untuk yang berusia lima sampai 16 tahun. Sedangkan bagi anak yang berusia 0 hingga lima tahun tidak perlu menggunakan foto.

Untuk menerbitkan KIA, Supriyanto mengatakan, pihaknya akan menjadwalkan kunjungan kesekolah untuk menjemput persyaratan berupa akte kelahiran, kartu keluarga dan foto.

“Untuk sementara kita proritaskan tingkat SD dan SMP sederajat,”sebut Supriyanto, sembari mengatakan latar belakang foto juga disesuaikan dengan tahun kelahiran, untuk anak yang lahir di tahun genap menggunakan background biru. Sedangkan untuk anak yang lahir di tahun ganjil menggunakan background merah. (Jamal)

Pos terkait