Cegah Penyakit Akibat Kabut Asap, Plt Bupati Bersama Polisi Bagikan Masker

  • Whatsapp

Kisaran – Untuk mengantisipasi gangguan kabut asap, Plt Bupati Asahan H Surya BSc bersama Polres Asahan membagi-bagikan masker kepada masyarakat yang melintas di Jalan Hos Cokroaminoto Kisaran, Kamis (19/9/2019).

“Kegiatan bagi-bagi masker ini merupakan kepedulian kita sesama terhadap kondisi asap yang menyelimuti Kota Kisaran beberapa hari ini,”ucap H Surya di sela-sela bagi masker di depan Kantor Satlantas Polres Asahan.

Plt Bupati berharap dengan pembagian masker tersebut mengurangi dampak dari kabut asap kepada masyarakat Asahan. Pasalnya dampak dari Kabut asap sudah sangat menghawatirkan.

Untuk itulah kata Surya, sebagai antisipasi dampak yang ditimbulkan maka Pemerintah Kabupaten Asahan melakukan pembagian masker.

“Saya minta kepada Kadis Kesehatan untuk dapat secara terus memberikan pelayanan terhadap dampak dari kabut asap kepada masyarakat di setiap Puskesmas yang ada di Kabupaten Asahan,”sebut Surya.

Masih dari Surya, beberapa hari ini kabut asap yang menyelimuti Asahan, Pemkab Asahan sudah membagikan sebanyak 5000 masker, yakni dari Dinas Kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab Asahan.

Sementara itu, Kadis Kesehatan, dr Aris Yudhariansyah menjelaskan kabut asap dapat menyebabkan pernapasan terganggu. Diantaranya batuk, iritasi tenggorokan, asma, paru-paru dan lainya.

“Intinya gunakanlah masker saat beraktivitas diluar rumah. Setidaknya bisa memperkecil gangguan dari asap,”ucap Aris singkat. (Jamal)

Pos terkait