Sabtu, 9 Januari 2021 - 14:51 WIB

Siapa Sosok Kapolri Baru? Begini Kata Sahabat Polisi Indonesia

Jakarta – Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Sahabat Polisi Indonesia, Jumat (8/1) mengelar diskusi publik secara virtual dengan mengambil tema Siapa sosok Kapolri baru dan Negara butuh apa.

Dalam diskusi daring ini, menghadirkan Wakil ketua DPR-RI Dr Aziz Syamsudin sebagai pembicara utama, serta jajaran Sahabat Polisi Indonesia.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Sahabat Polisi, Fonda Tangguh, SH.,MH, kepada wartawan mengatakan forum-forum diskusi sangat penting karena sebagai ruang untuk memberikan kontribusi positif yang terkait dengan gagasan, ide dalam membantu memberikan kriteria Kapolri baru yang dibutuhkan Negara.

“Ya, Sahabat Polisi Indonesia sebagai mitra strategis kepolisian juga memiliki kriteria Kapolri baru kedepan sebagaimana ini juga telah dilakukan satu riset serta jejak pendapat, maka kami formulasikan Kapolri kedepan harus berpegang teguh pada aspek mengayomi, melindungi dan melayani”Kata Fonda.

Dikatakan dia, aspek Mengayomi, tentunya Kapolri baru dapat memberikan kenyamanan kepada seluruh rakyat Indonesia, kemudian aspek melindungi, sosok Kapolri baru harus dapat menciptakan situasi aman secara fisik dari berbagai macam ancaman keamanan kepada seluruh rakyat Indonesia.

Lanjutnya, yaitu aspek Melayani, artinya sebagai aparatur negara dan abdi masyarakat, Polri harus memberikan pelayanan yang adil kepada seluruh rakyat Indonesia.Tutur Fonda.

Kedepan, dikatakan Fonda, Kapolri baru harus selaras-sejalan dengan cita-cita Negara dalam konteks pembangunan Nasional, sehingga penting sekali melakukan antisipasi dini terhadap gangguan keamanan yang menghambat pembangunan, baik pembangunan yang bersifat infrastruktur sosial maupun fisik. Ungkapnya.

Dia juga mengatakan, meskipun Sahabat Polisi Indonesia atau rakyat Indonesia mempunyai kriteria, namun Sahabat Polisi Indonesia akan menghormati keputusan Presiden dalam memilih Kapolri baru pengganti Jenderal Pol Idham Aziz. Katanya.

Sebelumnya, Ketua Kompolnas Mahfud MD menyampaikan pihaknya akan menyerahkan surat rekomendasi tersebut sebelum Jokowi menyerahkan nama calon Kapolri yang mana nama-nama itu diterima Presiden lalu ke DPR.

Penyampaian nama calon Kapolri kepada Presiden Jokowi, kuat dikaitkan dengan tiga Paket, mereka adalah Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat Kabareskrim Polri, kemudian Komjen Pol Gatot Eddy dan terakhir Komjen Pol Boy Rafli yang saat ini menjabat Kepala BNPT.

 

Artikel ini telah dibaca 214 kali

Baca Lainnya

Pimpin Deklarasi tolak KLB, Rezka Tegaskan Demokrat Solid dan Tegak Lurus dengan AHY, LANJUTKAN KERJA KERJA POLITIK UNTUK RAKYAT

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat untuk Daerah Pemilihan Sumatera Barat, Rezka Oktoberia dan...

5 Maret 2021, 09:55 WIB

UU Cipta Kerja Memperbanyak Peluang Lapangan Kerja

Oleh : Robert Kamindra Pendirian PT (Perseroan Terbatas) kini bisa dilakukan tanpa memerlukan akta notaris....

5 Maret 2021, 09:45 WIB

Masyarakat Menyambut Positif Vaksin Gotong Royong

Oleh : Alfisyah Dianasari Vaksin gotong royong alias vaksin mandiri menjadi alternatif selain vaksinasi nasional....

5 Maret 2021, 00:47 WIB

Penahanan Rizieq Shihab Sudah Tepat

Oleh: Firza Ahmad Rizieq Shihab rupanya kerap membuat keresahan yang tak berkesudahan, pidatonya yang provokatif...

4 Maret 2021, 17:09 WIB

Begini Cerita Pria Papua yang Gagal Indonesian Idol Sekarang Malah Sukses Berkarir di Istana Presiden

“Kesempatan itu selalu ada di sekitar kita, ketika kita gagal percayalah akan selalu ada kesempatan...

4 Maret 2021, 16:37 WIB

Mengapresiasi Presiden Mencabut Lampiran Perpres Investasi Industri Miras

Oleh : Zakaria Lampiran Perpres yang menjadi aturan turunan UU Cipta Kerja, mengenai investasi industri...

4 Maret 2021, 11:41 WIB

loading...