Sepakbola

MU Taklukkan Liverpool 2-1

London – Marcus Rashford mencetak dua gol ketika Manchester United menaklukkan seteru abadinya Liverpool dengan skor 2-1 pada pertandingan klasik yang berlangsung pada Sabtu, untuk mengokohkan posisi mereka di peringkat kedua klasemen Liga Inggris.

Dengan pemuncak klasemen Manchester City berada di jalur untuk memenangi gelar Liga Inggris untuk ketiga kalinya, peringkat kedua merupakan satu-satunya harapan terbaik yang dapat diperebutkan tim-tim di bawahnya dan United kini unggul lima poin atas Liverpool.

United menahan gempuran Liverpool pada awal laga di Old Trafford dan memimpin dua gol dalam waktu 24 menit setelah dua gol dari Rashford.

Gol bunuh diri Eric Bailly memberi harapan kepada Liverpool pada babak kedua, namun United mampu bertahan untuk mendulang kemenangan pertama atas rival Barat lautnya itu sejak Januari 2016.

“Hasil sempurna. Saya tidak akan berjalan terlalu jauh seperti penampilan sempurna. Pada babak pertama, permainan memberi kami kesempatan untuk (bermain) langsung, cepat, dan mencetak gol-gol, lebih dari yang kami lakukan. Kami bernilai dengan kemenangan,” kata manajer United Jose Mourinho.

Tim peringkat kelima Chelsea mendekat empat poin terhadap Liverpool, tertinggal dua poin dari Tottenham Hotspur — yang akan bermain melawan Bournemouth pada Minggu — di peringkat keempat, setelah kemenangan 2-1 atas Crystal Palace pada pertandingan yang dimainkan malam hari.

Sepakan yang terdefleksi dari Willian dan gol bunuh diri Martin Kelly membawa Chelsea memimpin saat turun minum, namun mereka mengendurkan tekanan pada babak kedua.

Patrick van Aanholt memperkecil ketertinggalan timnya menjelang pertandingan usai, namun itu sudah terlalu terlambat bagi Palace ketika Chelsea meraih kemenangan pertamanya dari empat pertandingan di semua kompetisi.

Ini juga merupakan sore yang penting bagi dua klub dasar klasemen, di mana West Ham United tergelincir akibat kalah 0-3 dari tamunya Burnley, yang membuat mereka kini hanya unggul tiga poin di atas zona degradasi.

Terdapat kejadian-kejadian yang tidak biasa di Stadion London, di mana terjadi invasi lapangan dan protes massa di tribun yang memaksa kedua pemilik klub David Sullivan dan Davod Gold untuk meninggalkan boks direktur, di mana polisi terpaksa turun tangan untuk memulihkan ketertiban.

“Kami ingin para penggemar berada di belakang kami, sejak saya berada di sini mereka telah benar-benar bagus. Namun Anda tidak dapat melintasi garis dan masuk ke dalam lapangan,” kata manajer West Ham David Moyes.

Kejadian-kejadian di lapangan menambah perasaan buruk, di mana gol Ashley Barnes dan Chris Wood membawa Burnley mendulang kemenangan kedua dalam sepekan, memangkas jarak dengan tim peringkat keenam Arsenal, yang menjamu Watford pada Minggu, menjadi dua pin.

Dua gol Rashford Sebagian besar diskusi prapertandingan berkutat seputar bagaimana United akan mengatasi trio pemain depan Liverpool yang terdiri dari Sadio Mane, Roberto Firmino, dan salah satu pencetak gol tersubur di liga Mohamed Salah.

Bagaimanapun, bahkan meski tidak diperkuat Paul Pogba yang cedera, Unitedlah yang menggebrak lebih awal, mengadopsi gaya yang lebih langsung di mana Romelu Lukaku menjadi target utama dan penyerang Belgia itu menjadi sosok yang berpengaruh pada kedua gol Rashford.

Dua gol Rashford — pada penampilan pertamanya sebagai pemain inti di Liga Inggris sejak Boxing Day — terbukti menentukan, ketika Liverpool tidak mampu menambahi gol bunuh diri Bailly ketika mereka menelan kekalahan pertamanya dari delapan pertandingan di semua kompetisi.

“Ini tidak menguntungkan kami karena dua gol yang masuk ke gawang kami,” kata manajer Liverpool Juergen Klopp.

“Kami harus mempertahankan situasi-situasi dengan lebih baik. Anda selalu dapat kalah pada sundulan atau tekel dengan (Romelu) Lukaku, namun Anda perlu memangkas celah di belakang.” Di Timur laut, Newcastle United mengamankan kemenangan 3-0 atas Southampton untuk unggul lima poin dari zona merah, meredakan tekanan terhadap manajer “The Saints” Mauricio Pellegrino.

Dua gol dari Kenedy, yang dipinjam dari Chelsea, dan sepakan Matt Ritchie sudah cukup untuk memberikan kemenangan kandang kedua di ajang Liga Inggris bagi pasukan Rafael Benitez.

Penderitaan-penderitaan West Bromwich Albion berlanjut ketika mereka kalah 1-4 dari tamunya Leicester City. Salomon Rondon membawa West Brom memimpin di The Hawthorns, namun empat gol Leicester tanpa balasan memasukan West Brom tetap menghuni dasar klasemen, tertinggal delapan poin dari zona aman.

Swansea City, yang harus kehilangan Jordan Ayew akibat diusir keluar lapangan pada menit ke-11, menahan imbang Huddersfield Town dengan skor 0-0 di Stadion John Smith, sedangkan kegagalan penalti Wayne Rooney tidak berdampak banyak ketika Everton menang 2-0 atas Brighton and Hove Albion di Goodison Park.

loading...
Tags

Related Articles