Selasa, 11 Februari 2020 - 23:33 WIB

Lisda Hendrajoni: Pekerja Sosial Harus Merubah Mental Masyarakat

YOGYAKARTA – Para pekerja sosial itu penting memiliki mental untuk meraih kesuksesan. Hal itu disampaikan anggota Komisi VIII DPR RI Lisda Hendrajoni saat meninjau Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Regional III Yogyakarta di Sleman, DIY.

“Saya pernah membaca buku, disebutkan poor people atau orang miskin adalah mereka yang bermental miskin. Dan orang sukses itu adalah orang-orang yang mentalnya sukses,” kata Lisda, Selasa (11/2/2020).

Legislator NasDem itu menambahkan, kedekatan yang terjalin antara para pekerja sosial dengan KPM (Keluarga Penerima Manfaat) seharusnya bisa dimanfaatkan untuk mengubah mental masyarakat.

“Artinya seorang pendamping harus kita siapkan untuk menjadi orang-orang yang bisa mengubah mindset mereka (KPM) secara bertahap. Sehingga apa-apa yang telah diberikan oleh Kementerian Sosial tidak mubazir,” jelasnya.

Srikandi NasDem ini mencontohkan kalau mindset tidak berubah, ketika dikasih bantuan berupa ayam, maka ayam tersebut akan digunakan untuk konsumsi.

“Dikasih 40 ayam, 40 hari selesai, atau paling lama 2 bulan. Atau dia jual dengan berbagai macam, ya wallahualam. Kalau kita lihat masih ada jiwa seperti itu, itu yang harus kita ubah,” terang Lisda.

Berbeda dengan masyarakat yang mempunyai semangat tinggi untuk berjuang dalam hidupnya. Tidak dikasih modal pun, bila memiliki mental sukses, ia pasti akan memikirkan apa yang harus diperbuat.

Tidak ada kata malu untuk terus berusaha, berkembang untuk mengubah kondisi hidupnya menjadi lebih baik lagi. “Bagi mereka yang bermental sukses, mereka akan terus berkreasi untuk bertahan dan mengubah nasibnya,” lanjutnya.

“Misalnya begini, cobalah cabai itu kita tanam kan dia tumbuh. Kalau kita punya 10 pohon cabai saja, mungkin kita tidak beli cabai lagi. Atau kalau tadinya sebulan beli 2 kilo, sekarang cuma beli jadi 1 kilo,” papar lagi.

Sebenarnya, sambung Lisda, banyak hal yang bisa dilakukan jika mental sukses sudah tertanam dalam diri masyarakat penerima manfaat PKH (Program Keluarga Harapan).

Ke depan, ia berharap agar Kemensos lebih realistis dengan betul-betul fokus membina dan mengarahkan agar penerima manfaat PKH bisa mandiri.

Artikel ini telah dibaca 39 kali

loading...
Baca Lainnya

Kurang Dari 24 Jam Polsek Bukit Batu Ungkap Identitas Mayat Mr X

Palangka Raya – Kepolisian Sektor Bukit Batu berhasil mengungkap identitas mayat Mr. X yang ditemukan...

22 September 2020, 00:31 WIB

Sertifikat Ganda ! BPD Bali Bantah Serobot Tanah Tapi Tidak Tahu Muasal

Denpasar – Sebidang tanah luas 3,85 are di Jalan Gadung, Desa Dangin Puri Kangin, Kec....

Kepala Divisi Umum dan Kesekretariatan BPD Bali, IB Gede Ary Wijaya Guntur.

21 September 2020, 21:05 WIB

Polsek Balaraja Gencarkan Operasi Yustisi, Beri Efek Jera Kepada Masyarakat

TANGERANG – Jajaran Polsek Balaraja Polresta Tangerang Polda Banten gencar melaksanakan Operasi Yustisi Pendisiplinan dan...

21 September 2020, 16:11 WIB

Polsek Balaraja Tindak Puluhan Pengendara yang Langgar Protokol Kesehatan

TANGERANG – Setidaknya 51 orang pengendara disanksi lantaran mengabaikan Protokol Kesehatan saat beraktivitas di luar...

21 September 2020, 15:58 WIB

Gandeng Komunitas di Balaraja, Polresta Tangerang Himbau Patuhi Prokes

TANGERANG – Polresta Tangerang Polda Banten menggandeng Komunitas sepeda, vespa, ojek online,dan GMDM dalam rangka...

21 September 2020, 15:49 WIB

Polresta Tangerang, Pemkab, dan Kodim Tigaraksa Gelar Operasi Yustisi di Pasir Jaya Cikupa

TANGERANG – Jajaran Polresta Tangerang Polda Banten memaksimalkan operasi yustisi pendisiplinan dan penegakan hukum Protokol...

21 September 2020, 15:40 WIB

loading...