Rabu, 18 Maret 2020 - 14:16 WIB

Ilustrasi/Istimewa

Ilustrasi/Istimewa

5 Tempat Wisata Kuliner di Jogja

Tahun 2020 sudah berjalan hampir tiga bulan, dan kamu masih bingung akan menghabiskan jatah leha-leha dimana? Lebih baik kamu jalan-jalan ke Kota Jogja yuk. Jogja merupakan daerah istimewa di Indonesia, bukan hanya istimewa secara namanya saja, ternyata Jogja juga istimewa dari segi liburannya. Jogja memiliki banyak tempat-tempat wisata, yang bisa dikunjungi. Mulai dari keraton, lalu alun-alun, ada juga bermacam wisata alam yang nyaman di mata dan nyaman di dompet. Dan pastinya salah satu jenis wisata yang tak boleh terlupa adalah wisata-wisata kulinernya yang dijamin lezat, beragam, dan harganya sangat bersahabat!

Nah, bagi kamu yang tertarik menjadikan kuliner Jogja sebagai salah satu solusi berlibur di tahun ini, yuk simak 5 wisata kuliner Jogja yang harus coba.

Gudeg
Makanan khas Jogja yang pertama, yang harus kamu cobia adalah gudeg. Makanan berasa manis dan juga pedas ini merupakan salah satu kuliner jogja yang sangat ikonik lho. Bagi kamu yang belum familiar dengan gudeg, makanan ini merupakan jenis panganan yang terbuat dari sayur nangka, yang kemudian diproses dalam waktu berjam-jam. Dan memasaknya biasanya masih menggunakan kendi dari tanah liat, yang bertujuan untuk menjaga kemurnian dan khas dari cita rasanya.

Dalam menyantap gudeg ini biasanya ditemani oleh beberapa penganan pelengkap, layaknya krecek yang merupakan rendaman dari kerupuk kulit, ada juga tambahan tahu atau tempe bacem, kemudian bisa juga minta sambal, tambahan gorengan, dan lain-lain. Saat ini varian gudeg dan makanan pelengkapnya kian beragam.

Di Jogja sendiri ada begitu banyak toko gudeg yang bisa kamu coba datangi, namun ada beberapa yang sudah berdiri lama, dan terkenal dengan rasanya. Misalnya seperti gudeg wijilan, kemudian gudeg sagan, ada juga gudeg yu djum, lalu ada juga gudeg manggar manding.

Kopi Jos
Jogja dan angkringan merupakan dua hal yang mustahil buat dipisahkan. Di tiap-tiap sudut Jogja, tak pernah lepas dari angkringan dan kemeriahannya. Banyak jenis makanan dan minuman yang disediakan disini, misalnya seperti nasi kucing, lalu ada berbagai jenis sate, dan yang pastinya tak ketinggalan adalah kopi josnya.

Kopi jos ini merupakan kopi khas angkringan Jogja, yang terbuat dari kopi hitam, yang dicelupkan arang khusus. Ketika arang panas itu bertemu dengan air dari kopi, maka akan mengeluarkan suara josss. Itulah alasannya mengapa dinamai kopi jos. Kopi Jos ini banyak diserbu karena memang penyajiannya yang unik, dan rasanya yang tentu saja begitu khas.

Sate Klathak
Makanan selanjutnya adalah sate klathak. Makanan khas Jogja yang satu ini dibuat dari daging kambing muda ini dipotong bentuk dadu, dengan ukuran yang agak besar-besar. Nantinya kemudian ditusuk dengan tusukan sate yang terbuat dari besi. Kemudian akan disantap dengan bumbu kecap yang pedas, manis, namun gurih.

Bagi kamu yang menyukai santapan daging, kamu harus coba kuliner sate klathak ini. Ada banyak lokasi sate klathak yang bisa kamu coba datangi di Jogja, namun beberapa yang telah banyak dikenal antara lain seperti Sate Klathak Pak Pong yang bisa kamu temui di daerah imogiri di kabupaten bantul ya. Atau kamu juga bisa mengunjungi sate klathak pak bari ya, lokasi kuliner ini populer karena muncul di film Ada Apa dengan Cinta 2.

Bakmi Jawa
Makanan selanjutnya adalah bakmi jawa. Makanan ini termasuk yang paling umum untuk ditemukan di Jogja, namun juga paling ngangenin. Bakmi jawa biasanya merupakan campuran mie kuah, dengan sayuran, telur, dengan sensasi rasa yang gurih, pedas, dan pastinya nagih. Seporsi bakmi jawa biasanya sudah bisa membuat perut kenyang, karena porsinya yang maksimal, tapi harganya nyaman di kantong.

Mangut lele
Nah, sensasi kuliner berikutnya yang harus kamu coba adalah hidangan mangut lele. Mangut lele merupakan hidangan yang berasal dari kepala lele, dengan kuah pedas santannya. Masaknya dalam waktu lama, dengan menggunakan tungku, sehingga rasanya benar-benar menyerap dan mantap. Salah satu warung mangut lele yang terkenal di jogja adalah Mangut lele Mbah Marto.

Nah itulah beberapa kuliner khas Yogyakarta yang wajib kamu cicipi. Yuk segera Booking tiket batik air, untuk perjalanan ke Jogjakarta yang lebih murah dan menyenangkan.

Artikel ini telah dibaca 87 kali

loading...
Baca Lainnya

Sinyal Hilang Timbul, Penerimaan Peserta Didik Baru SMKN Kobalima Malaka Secara Offline

Malaka – Keterbatasan bagi warga masyarakat di daerah perbatasan untuk memiliki gadget (HP Android) dan...

16 Juli 2020, 18:29 WIB

Kapolres Gayo Lues Berikan Bantuan Sembako dan Semen ke Pedalaman Lesten

Gayo Lues- Kapolres Gayo Lues AKBP Carlie Syahputra Bustaman, S.I.K., M.H., memberikan bantuan Sembako berupa...

16 Juli 2020, 13:54 WIB

Kapolres Berharap Jembatan Pedalaman Lesten Segera Diperbaiki

Gayo Lues-Kapolres Kabupaten Gayo Lues, AKBP Carlie Syahputra Bustamam, S.I.K., M.H., berharap Pemda Gayo Lues...

16 Juli 2020, 13:46 WIB

Kapolres Galus Gelar Temu Ramah Dengan Insan Pers

Gayo Lues-Kapolres Kabupaten Gayo Lues (Galus), AKBP Carlie Syahputra  Bustamam, S.I.K., M.H., menggelar temu ramah...

16 Juli 2020, 13:43 WIB

Kejari Pasaman Beri Bantuan Kepada Anak Panti Asuhan

Pasaman, – Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-60 dan Hari Ulang Tahun Ikatan...

16 Juli 2020, 02:09 WIB

Perangi Narkoba, Kalapas Kelas IIA Sumbawa Pastikan Warga Binaan Steril Dari Hp

Sumbawa – M.Fadli, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kabupaten Sumbawa menegaskan, akan melakukan tindakan...

15 Juli 2020, 21:18 WIB

loading...