Rabu, 30 Desember 2020 - 09:04 WIB

Mensos Risma Gebrak Jakarta, Jadi Ancaman Besar buat Anies

Jakarta – Aksi ‘blusukan’ Menteri Sosial Tri Rismaharini ( Risma ) ke ‘masyarakat pinggiran’ di Ibu Kota dan berdialog dengan kalangan pemulung direspons positif masyarakat. Ada yang menilai hal ini akan mengancam citra Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan .

Manajer Program Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC), Saidiman Ahmad menilai, Risma masuk ke Kementerian Sosial pada waktu yang tepat, ketika kita menghadapi musibah ekonomi akibat wabah. “Program bantuan sosial dari pemerintah memang butuh manajer sekelas Risma agar bantuan itu efektif dan tepat sasaran,” tutur Saidiman saat dihubungi SINDOnews, Selasa (29/12).

Menurut Saidiman, jika Risma berhasil secara konsisten melakukan blusukan ke masyarakat yang terpinggirkan, bukan tidak mungkin dia punya potensi yang besar untuk menarik sentimen positif warga. Dan jika melihat kinerjanya selama memimpin Surabaya, sangat mungkin sukses itu dibawa ke lingkungan Kementerian Sosial.

Saidiman menilai, aksi blusukan Risma memuat aspek bukan saja perbaikan kinerja Kemensos di era pandemi, tapi juga sisi elektoral yang bisa diraih dari masyarakat. Aksi blusukan menteri asal PDI Perjuangan itu dianggap bisa menjadi ancaman bagi citra Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta.

“Saya kira bukan hanya Anies yang bisa tergeser, tapi juga tokoh-tokoh lain tingkat nasional. Selama ini publik mengamati apa yang dilakukan pejabat negara. Dan warga melakukan evaluasi terus-menerus. Pengambil kebijakan yang serius dan efektif bekerja akan mendapatkan dukungan politik,” tutur alumni UIN Jakarta ini.

Selain itu, peluang Risma menggeser citra positif Anies cukup terbuka lebar. Mengingat, selama ini, belum muncul pesaing Anies khususnya jika dikaitkan dengan konstestasi Pilkada DKI mendatang.

“Selama ini suara oposan Anies di DKI seperti tidak mendapatkan kanal politik yang memadai. Kalau Risma dan tim mulai membangun kerja-kerja politik di DKI, saya kira Anies akan mendapatkan pesaing sepadan,” pungkas dia.

Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Kemenag Dorong Ujian Sekolah PAI Harus Jadi Quallity Assurance Pendidikan

Ditpai. Direktur Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama, Rohamt Mulyana Sapdi, meminta kepada guru pendidikan agama...

5 Maret 2021, 13:00 WIB

Pimpin Deklarasi tolak KLB, Rezka Tegaskan Demokrat Solid dan Tegak Lurus dengan AHY, LANJUTKAN KERJA KERJA POLITIK UNTUK RAKYAT

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat untuk Daerah Pemilihan Sumatera Barat, Rezka Oktoberia dan...

5 Maret 2021, 09:55 WIB

UU Cipta Kerja Memperbanyak Peluang Lapangan Kerja

Oleh : Robert Kamindra Pendirian PT (Perseroan Terbatas) kini bisa dilakukan tanpa memerlukan akta notaris....

5 Maret 2021, 09:45 WIB

Masyarakat Menyambut Positif Vaksin Gotong Royong

Oleh : Alfisyah Dianasari Vaksin gotong royong alias vaksin mandiri menjadi alternatif selain vaksinasi nasional....

5 Maret 2021, 00:47 WIB

Penahanan Rizieq Shihab Sudah Tepat

Oleh: Firza Ahmad Rizieq Shihab rupanya kerap membuat keresahan yang tak berkesudahan, pidatonya yang provokatif...

4 Maret 2021, 17:09 WIB

Begini Cerita Pria Papua yang Gagal Indonesian Idol Sekarang Malah Sukses Berkarir di Istana Presiden

“Kesempatan itu selalu ada di sekitar kita, ketika kita gagal percayalah akan selalu ada kesempatan...

4 Maret 2021, 16:37 WIB

loading...