Selasa, 8 Oktober 2019 - 15:34 WIB

Ketua DPP INSA

Ketua DPP INSA

Ketua INSA Sebut Tol Laut Butuh Banyak Perhatian

Surabaya – Program tol laut menjadi perhatian para pengusaha perkapalan Jawa Timur (Jatim). Namun, kurangnya partisipasi perusahaan ekspedisi membuat program tersebut tidak maksimal. Padahal, pemerintah memberikan banyak keringanan kepada mereka lewat program itu.

Ketua DPP Indonesian National Shipowner’s Association (Insa) Carmelita Hartoto menyatakan, kurangnya partisipasi membuat harga komoditas tetap tinggi. “Sekarang kan itu-itu saja ekspedisinya. Nah, kalau ada lebih banyak, akan ada persaingan harga,” ujarnya akhir pekan lalu.

Dia juga menyarankan pemberian subsidi kepada pelabuhan. Dengan demikian, harga yang harus dibayar konsumen juga lebih murah.

Namun, jika subsidi tidak memungkinkan, pemerintah bisa memberlakukan sistem tarif. Nanti, tarif bisa diatur berdasar isi kontainer.

“Misalnya, kontainernya kosong ya jangan dikenakan tarif. Atau kasih saja tarif 25 persen. Sebab, banyak dari barang itu yang bisa (diangkut, Red) full,” sambungnya.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Hubla Kementerian Perhubungan Wisnu Handoko menuturkan, anggaran subsidi tol laut tahun ini rendah. Yakni, sekitar Rp 222 miliar. Anggaran tersebut akan ditambah menjadi Rp 263 miliar. Tahun lalu anggaran subsidi Rp 400 miliar, sama seperti rancangan anggaran subsidi tahun depan.

Wisnu mengaku tak masalah jika pengusaha mengusulkan penambahan kuota subsidi. “Korelasinya adalah pencapaian voyage. Kalau voyage-nya tidak tercapai, pasti kapalnya telat. Padahal, anggarannya sudah dikasih,” jelasnya.

Menurut Wisnu, keprihatinan pengusaha itu akan menjadi bahan evaluasi pemerintah. Sebab, pengawasan dan output subsidi juga penting.

Begitu pula koordinasi antara kementerian, pengusaha, dan pemda setempat. Dia menambahkan, semua stakeholder harus bisa bekerja dengan tepat.

“Tidak boleh ada pungli, oknum. Transparansi juga harus terjamin. Kalau subsidinya naik, kami juga harus lihat ekosistemnya siap atau enggak,” tuturnya.

Artikel ini telah dibaca 438 kali

Baca Lainnya

Harga Pipa PVC Murah di Supllier Jakarta

Penggunaan pipa PVC untuk berbagai macam hal membuat banyak yang ingin mendapatkan harga pipa PVC...

2 Maret 2021, 02:37 WIB

Aturan UU Cipta Kerja Memudahkan Pembukaan Usaha

Oleh : Zakaria Aturan UU Cipta Kerja telah resmi diundangkan. Publik pun berharap agar aturan...

27 Februari 2021, 04:34 WIB

SIG Lakukan Monitoring & Evaluasi Program CSR 2020 Bersama Stakeholder

Tuban, Jatim, deliknews – Dalam rangka pelaksanaan kegiatan monitoring dan evaluasi atas berbagai program pemberdayaan...

26 Februari 2021, 14:27 WIB

Gak Nyangka, Berawal Dari Hobby Game Online Pria Ini Sukses Bangun Brand Sepatu Footstep Footwear Sampai Menjadi Produk Lokal Kebanggaan Indonesia

Di Kota Bandung terkenal dengan berbagai macam kulinernya, Kota Bandung juga terkenal akan industri kreatifnya....

31 Januari 2021, 10:02 WIB

UU Cipta Kerja Melindungi Pekerja Lokal

Oleh : Putu Prawira UU Cipta Kerja adalah Undang-Undang yang tak hanya melindungi pengusaha, tapi...

24 Januari 2021, 06:08 WIB

UU Cipta Kerja Berpihak pada Petani

Oleh : Zainudin Zidan UU Cipta Kerja didesain pemerintah agar tak hanya menguntungkan para pekerja...

21 Januari 2021, 07:28 WIB

loading...