Minggu, 26 Januari 2020 - 01:24 WIB

Tekan Angka Pengangguran, Disnaker Asahan Buka Pelatihan Kompetensi

Kisaran – Berbagai upaya terus dilakukan oleh Pemkab Asahan untuk menekan angka pengangguran. Salah satunya bekerjasama dengan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) yang berada dibawah naungan langsung Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas- Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Asahan melalui Kasie Penempatan dan Pasar Kerja, Catur mengungkapkan dengan segala keterbatasan yang ada pihaknya terus berusaha mencari solusi, dengan harapan setidaknya dapat mengurangi angka penganguran di Kabupaten Asahan secara bertahap.

Namun menurutnya, untuk mengurangi angka pengangguran merupakan tanggungjawab bersama seluruh stakeholder terkait, termasuk pihak-pihak lain yang memiliki program kegiatan dalam upaya meminimalisir pengangguran tersebut.

“Koordinasi dengan stakeholder terkait kami lakukan. Selain itu, Disnaker Asahan juga mengajukan kepada BBPLK – Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas- Kementerian Ketenagakerjaan RI agar memberikan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) melalui pelatihan boarding kepada warga usia kerja di kabupaten ini dan Alhamdulillah permohonan kami disetujui bahkan BBPLK Bekasi tahun ini memberikan kuota untuk Asahan sebanyak 16 orang dalam pelatihan tersebut,”ulasnya kepada Deliknews, Minggu (26/01/2020).

Bagi masyarakat yang berminat, lanjutnya, bisa mendaftarkan diri dengan datang langsung ke Kantor Disnaker Asahan hingga batas akhir pada 30 Januari 2020 dengan tim penguji langsung dari BBPLK Bekasi.

“Meski kuota terbatas, namun ini menjadi peluang bagi masyarakat di Kabupaten Asahan untuk meningkatkan keahlian mereka dalam bidang yang telah sediakan dalam pelatihan tersebut. Apalagi, peserta nantinya mendapatkan sertifikat yang dapat menjadi modal mereka kedepan, baik untuk mencari kerja atau membuka usaha sendiri.”tukasnya.

Diketahui program pelatihan yang disiapkan untuk peserta dari Asahan tahun ini adalah, TIK/Desain Grafis, Refrigeration/ asisten teknisi AC Split dan Elektronika/Teknisi Telekomunikasi.

“Untuk persyaratannya yakni laki-laki dan perempuan berusia 17 tahun dan tidak buta warna,”kata Catur sembari mengatakan tanggal 10 Februari mendatang putra putri yang terpilih dari Asahan sudah masuk asrama di BBPLK Bekasi dan semua biaya gratis.

Reporter : Jamal

Artikel ini telah dibaca 1 kali

loading...
Baca Lainnya

PPK Pulo Bandring Serahkan Berkas 30 Calon Sekretariat PPS ke KPU Asahan

Asahan – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Pulo Bandring, Kamis (19/03/2020) menyerahkan berkas calon Sekretariat...

19 Maret 2020, 16:53 WIB

Hari ini Asahan Expo Resmi Ditutup, Sekolah Juga Diliburkan Mulai Besok

Kisaran – Pameran Asahan Expo yang dilaksanakan di Lapangan Adhi Pradana Kisaran dalam rangka memeriahkan...

17 Maret 2020, 14:56 WIB

Panwaslu Lantik 10 Orang PPL se-Kecamatan Pulo Bandring

Kisaran – Panitia Pengawas pemilu (Panwaslu), Kecamatan Pulo Bandring, Kabupaten Asahan, melantik 10 orang Panita...

14 Maret 2020, 14:14 WIB

Kapolres Minta Wartawan Bersinergi ciptakan Suasana Kondusif di Asahan

Kisaran – Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto meminta kepada wartawan yang bertugas di Kabupaten...

12 Maret 2020, 21:00 WIB

Pimpinan OPD dan Camat di Asahan Teken Perjanjian Kerja 2020

Kisaran – Seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) dan para camat di Pemkab Asahan menandatangani...

9 Maret 2020, 14:40 WIB

Lantik Pengurus IDI, Ini Harapan Bupati Asahan

Kisaran – Pelantikan pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Asahan masa bakti 2019-2022, tidak hanya...

5 Maret 2020, 20:13 WIB

loading...